Workshop Pencitraan Publik 2019 (Atria Hotel Gading Serpong)

Tujuan umum diadakannya workshop ini untuk menguatkan koordinasi terkait media sosial yang dimiliki dilingkungan dikdasmen.

Tujuan secara khusus :

  1. Kebijakan Publikasi Kemendikbud tahun 2019
  2. Menginformasikan kegiatan yang sudah dilakukan oleh Biro KLM pada tahun 2018 dan rencana kebijakan tahun 2019
  3. Menginformasikan kegiatan publikasi dilingkungan Dikdasmen tahun 2019
  4. Menginformasikan materi mengenai komunikasi di era digital
  5. Menginformasikan informasi mengenai media pembelajaran Zenius Education
  6. Mendiskusikan terkait kegiatan publikasi di lingkungan dikdasmen

Publikasi adalah salah satu hal yang penting dalam suatu kegiatan, karena pentingnya sebuah publikasi maka dbuatlah Permendikbud Nomor 11 tahun 2018 (pasal 363 ayat 3). Salah satu tujuan publikasi yaitu menyampaikan isu, bentuk penyampaian isu bisa dengan talkshow, iklan layanan masyarakat, news ticker, running text, maupun liputan. Media dalam menyampaikan isu diantaranya televisi, radio, cetak, online, pameran, dll.
Isu kegiatan Dikdasmen yang perlu dipublikasikan diantaranya kegiatan lomba-lomba, Program Indonesia Pintar, PPDB
Kita harus menyadari bahwa saat ini adalah zaman era digital, dibuktikan dari data yang diperoleh per januari 2018, pengguna dari total 264,5 milyar manusia di Indonesia, pengguna internet mencapai 132,7 milyar, yang aktif menjadi pengguna media sosial 130.0 milyar. Demitifikasi era digital diantaranya : Kerjanya admin medsos, hoax, trending topik dan viral.
Digital lifestyle salah satu tanda kita masuk dalam revolusi industri 4.0, oleh karenanya kita harus membekali diri dengan kemampuan-kemampuan agar tidak kalah bersaing dengan yang lain, beberapa kemampuan yang harus dimiliki diantaranya kemampuan berpikir kreatif, kritis, inovasi, dan pemecahan masalah, kemampuan dalam meliterasi media, teknologi. Informasi dan komunikasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top