Workshop Bimtek Evaluasi Bantuan Pemerintah Program Renovasi Sekolah Tahun 2019

Dalam upaya peningkatan mutu, efisiensi, relevansi dan peningkatan daya saing secara nasional pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, maka sebagaimana ditegaskan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang diperbaharui melalui Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013, telah ditetapkan pentingnya penyelenggaraan pendidikan yang terstandarisasi baik untuk sekolah negeri maupun swasta.

Salah satu upaya untuk penyelenggaraan pendidikan yang terstandarisasi tersebut, Direktorat Pembinaan SMP melalui Seksi Sarana Prasarana pada tahun 2019 melaksanakan Program Renovasi Sekolah yang pada saat ini pelaksanaan pekerjaan pembangunaanya ada yang sudah selesai dan ada yang masih berjalan dimasing-masing lokasi.

Pelaksanaan program Renovasi tersebut diharapkan memenuhi prinsip-prinsip eligibel, akuntabilitas dan transparan.

  1. Eligibel pelaksanaan kegiatan renovasi harus dilakukan sesuai dengan syarat yang sudah ditentukan;
  2. Akuntabel maksudnya adalah kegiatan renovasi harus dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, sesuai dengan rencana serta didukung dengan bukti yang memadai;
  3. Transparan maksudnya adalah kegiatan renovasi dilakukan secara terbuka dan tidak boleh dilakukan sendiri (melibatkan masyarakat).
Baca Juga  CLC Nabawan

Upaya yang dilakukan untuk memastikan pelaksanaan pembagunan renovasi dengan baik, maka diselenggarakanlah workhshop Evaluasi Pelaksanaan Bantuan Pemerintah Program Renovasi Sekolah Tahunn 2019.

Dalam acara pembukaan Bimtek Evaluasi Pembangunan Renovasi di Hotel Santika (06/11/2019) dihadiri Direktur Pembinaan SMP, Ibu Poppy dengan didampingi Kepala Seksi Sarana Prasarana, Bapak Cepy.

Dalam laporannya, Bapak Cepy menuturkan bahwa salah satu tujuan dilaksanakan workshop Bimtek Evaluasi Program Renovasi yaitu untuk mengetahui sejauh mana ketercapaian tujuan penyelenggaraan program Renovasi Gedung SMP yang sudah dilaksanakan dalam kurun waktu tertentu. Setelah penyampaian laporan kegiatan oleh Bapak Cepy selanjutnya pengarahan yang disampaikan oleh Ibu Poppy selaku Direktur Pembinaan SMP.

Dalam arahannya, Ibu Poppy menyampaikan pentingnya 4 M dalam pelaksanan pembangunan program renovasi sekolah ini agar berjalan dengan baik, yakni mutual trust, mutual respect, mutual understanding, and mutual benefit.

Penulis : Yanuar Asrama, M.Ed

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top