Verifikasi SMP Terbuka Kota Palu & Kab. Sigi

Kota Palu dan Kabupaten Sigi merupakan sebagian daerah yang terkena gempa dan tsunami pada akhir tahun 2018 yang lalu. Pada saat tiba di Kota Palu maupun di Kab. Sigi, masih terlihat bangunan-bangunan yang mengalami kerusakan dan belum diperbaiki. Terlebih untuk jalan raya yang banyak mengalami kerusakan-kerusakan, masih belum juga sepenuhnya diperbaiki, sehingga membatasi akses untuk bepergian melalui jalur darat.

Terlepas dari bencana gempa dan tsunami yang menimpa wilayah tersebut, ketersediaan waktu maupun ekonomi siswa dalam mengikuti pendidikan baik di Kota Palu dan Kabputen Sigi menjadi menurun, dikarenakan siswa yang membantu bekerja untuk meningkatkan kembali ekonomi orangtua, sehingga tingkat putus sekolah apalagi setelah bencana gempa menjadi tinggi.

Oleh karena itu, kebutuhan siswa akan SMP Terbuka di Kota Palu dan Kabupaten Sigi sangat tinggi, terbukti dengan banyaknya jumlah siswa yang terdaftar di SMP Terbuka. Dengan adanya SMP Terbuka, siswa bisa tetap bekerja sekaligus sekolah karena jadwal belajar SMP Terbuka yang fleksibel menyesuaikan dengan kesibukan siswa. Selain itu, dengan adanya program keterampilan di SMP Terbuka, banyak lulusan SMP Terbuka yang dapat langsung bekerja maupun membuka usaha, sesuai dengan keterampilan yang telah dipelajari sebelumnya.

Baca Juga  Semangatnya Peserta OSN Tingkat SMP (IPA) Tahun 2019

Terdapat 3 SMP Terbuka baik di Kota Palu maupun di Kabputaen Sigi. SMP Terbuka di Kota Palu yaitu SMPT 16 Palu, SMPT 13 Palu, dan SMPT 3 Palu. Sedangkan di Kabupaten Sigi yaitu SMPT 2 Sigi, SMPT 5 Sigi, dan SMPT 7 Sigi.

Penulis : Erwan Nur Arief, S.Pd

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top