Verifikasi SMP Terbuka – Kab. Merangin Jambi

Kabupaten Merangin merupakan satu-satunya kabupaten yang masih memiliki SMP terbuka di provinsi Jambi, salah satu SMP terbuka di kabupaten ini yakni SMP Terbuka 1 Tabir yang menginduk pada SMPN 2 Merangin (SMP Model).

Menurut Ibu Asmiah, S.Pd.,M.Pd selaku kepala sekolah SMPN 2 Merangin, siswa terbuka di SMP Terbuka 1 Tabir ini tergolong masih banyak dan kemungkinan tahun ajaran 2019/2020 akan bertambah, hal tersebut dikarenakan beberapa hal, antara lain : faktor ekonomi keluarga, sehingga siswa lebih memilih membantu orang tua mencari uang, yang pada akhirnya siswa lebih memilih sekolah yang tidak terikat jadwal, faktor jarak yang cukup jauh dan susahnya kendaraan umum di daerah kami, kesadaran akan pendidikan yang masih kurang.

Pada tahun ajaran 2018/2019 SMP terbuka ini memiliki jumlah siswa sebanyak 365 siswa yang terbagi di 5 TKB. Khusus kelas IX berjumlah 211 siswa dan semua siswa kelas IX berhasil lulus Ujian Nasional.

SMP Terbuka 1 Tabir ini ada 5 TKB yang seluruhnya dilaksanakan di rumah warga namun berbeda tempat. Siswa terbuka di SMP ini setiap seminggu sekali melaksanakan KBM di SMP Induk (SMPN 2 Merangin).

Baca Juga  Workshop Bimtek Evaluasi Bantuan Pemerintah Program Renovasi Sekolah Tahun 2019

Penulis : Novi Nurahkmat, S.Pd.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top