Verifikasi Pendataan SMP Terbuka Kab. Bandung

Verifikasi SMP terbuka merupakan salah satu program dari Direktorat Pembinaan SMP, yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan SMP Terbuka secara data (bukan menggambarkan fisik dari SMP-SMP yang dikunjungi). Verifikasi ini dilakukan agar Direktorat Pembinaan SMP, mempunyai data yang valid (jumlah siswa, guru, program keterampilan, TKB, dll) mengenai SMP Terbuka yang masih beroperasi atau tidak. Data yang berhasil dikumpulkan ini nantinya akan menjadi data utama untuk di undang ke Bimbingan Teknis SMP Terbuka, dan nantinya akan dirumuskan besaran untuk bantuan ke sekolah-sekolah tersebut.

Pada kegiatan verifikasi yang kami lakukan, pada tanggal 2 s.d 4 Mei 2019 tepatnya untuk kabupaten Bandung, di data awal (dari PKLK tahun 2018) sekolah yang terdata ada 9 sekolah, namun setelah kami tiba dilokasi ternyata hanya ada 8 SMP di kabupaten Bandung yang masih memiliki SMP terbuka, yaitu :

  1. SMP Terbuka 1 Ibun
  2. SMP Terbuka 1 Kertasari
  3. SMP Terbuka 1 Nagreg
  4. SMP Terbuka 1 Pasir Jambu
  5. SMP Terbuka 1 Rancaekek
  6. SMP Terbuka 2 Kertasari
  7. SMP Terbuka 2 Rancaekek
  8. SMP Terbuka Cicalengka

Masing-masing sekolah tersebut memiliki TKB (Tempat Kegiatan Belajar) yang jaraknya cukup jauh dari Sekolah Induknya. Program PPK dari 8 sekolah tersebut pun beragam, namun hampir semua sekolah mengeluhkan kuranganya dana untuk melaksanakan Program PPK tersebut.

Baca Juga  Bimtek Pembelajaran Inovatif Region Banten 1 Tahun 2019

Penulis : Novi Nurrakhmat, S.Pd

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top