Verifikasi Pendataan SMP Terbuka di Kota Sorong dan Kab. Sorong

Seiring dengan berjalannya prioritas Pemerintah dalam pembangunan di Papua dan Papua Barat, tingkat kebutuhan akan pendidikan khususnya Papua Barat perlahan meningkat. Hal itu terlihat saat kami melaksanakan Verifikasi Pendataan SMP Terbuka di Kota Sorong dan Kabupaten Sorong, jumlah siswa nya tergolong cukup banyak.
SMP Terbuka merupakan fasilitas bagi siswa jenjang SMP yang tidak memiliki waktu untuk mengikuti kegiatan pembelajaran secara reguler (pagi-siang), biasanya dikarenakan siswa harus membantu orangtua yang bekerja pada pagi sampai siang atau sore hari, dan baru memiliki waktu untuk sekolah dari siang atau sore hari.

Terdapat 2 SMP Terbuka di Kota Sorong, yaitu SMPT 1 Kota Sorong dan SMPT 3 Kota Sorong, serta terdapat 1 SMP Terbuka di Kabupaten Sorong, yaitu SMPT Kabupaten Sorong. Dengan adanya SMP Terbuka, siswa SMP di Kota Sorong dan Kabupaten Sorong yang harus membantu orangtua nya bekerja, tetap dapat bersekolah di waktu dan hari yang fleksibel, dapat disesuaikan dengan kesibukan siswa bekerja, dengan begitu dapat mengurangi angka putus sekolah. Namun masih didapatkan siswa yang seharusnya mampu masuk ke SMP Reguler, tetapi masuk ke SMP Terbuka dengan berbagai alasan, seperti tidak naik kelas dan malu untuk mengulang di SMP Reguler, faktor ekonomi, dan tidak diterima di sekolah yang diinginkan, namun karena tetap ingin bersekolah di sekolah tersebut memaksakan masuk SMP Terbuka nya.

Dari segi proses pembelajaran nya pun, kebanyakan SMP Terbuka di Kota Sorong dan Kabupaten Sorong masih belum sesuai dengan ketentuan. Masih banyak SMP Terbuka yang melaksanakan pembelajaran di sekolah induk setiap hari dari pagi sampai siang, sehingga tidak ada bedanya dengan sekolah reguler. Oleh karena itu kami telah memberikan himbauan apabila mampu untuk dipindah ke sekolah reguler saja atau menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan ketentuan SMP Terbuka.

Baca Juga  Kesederhanaan Orang Tua Joni

Penulis : Erwan Nur Arief, S.Pd

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top