Verifikasi Pendataan SMP Terbuka di Kab. Kolaka

Terdapat tiga SMP Terbuka di Kab. Kolaka, yaitu SMPT 1 Samaturu, SMPT 1 Latambaga, dan SMPT 1 Wundulako. SMP Terbuka sendiri yaitu sekolah yang masih merupakan bagian dari SMP Negeri yang memiliki proses pembelajaran tersendiri menyesuaikan dengan keadaan siswa, karena tujuan dari SMP  Terbuka adalah untuk memfasilitasi siswa yang tidak dapat mengikuti sekolah secara reguler, terutama dalam segi waktu.

Terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan SMP Terbuka di Kab. Kolaka, pada umumnya kendala biaya, sarana dan prasarana, serta transportasi. Dalam permasalah biaya, tidak adanya biaya khusus untuk penyelenggaraan SMP Terbuka, sehingga harus menggunakan dana untuk sekolah reguler. Pada masalah sarana dan prasarana, terutama untuk penyelenggaraan program keterampilan sangat minim. Padahal, sebelumnya program keterampilan di SMP Terbuka di Kab. Kolaka sudah termasuk bagus, yaitu kerajinan dan menjahit. Sudah banyak produk kerajinan yang dipamerkan pada beberapa event di kabupaten, bahkan untuk keterampilan menjahit batik, sudah dipasarkan di lingkungan sekolah sebagai batik seragam sekolah tersebut. Namun sayangnya mesin jahit yang biasa digunakan untuk pelaksanaan program keterampilan sudah usang dan rusak, sehingga program keterampilan tidak dapat dilanjutkan. Selanjutnya kendala transportasi, sekolah sangat membutuhkan kendaraan roda dua, yang digunakan untuk menjemput siswa SMP Terbuka. Siswa SMP Terbuka, berbeda dengan siswa reguler, kebanyakan siswa SMP Terbuka harus dirangkul agar mau bersekolah, dengan cara menjemput langsung ke rumahnya. Apabila siswa tidak dirangkul, maka biasanya siswa kurang memiliki semangat dalam mengikuti pembelajaran. Seperti yang terjadi sekarang, jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran berbeda jauh dengan jumlah siswa yang mengikuti ujian saat ini.

Pada saat kami melakukan verifikasi pendataan SMP Terbuka, terdapat satu SMP Terbuka yang beberapa hari yang lalu baru saja terkena musibah banjir, yaitu SMP Terbuka 1 Latambaga beserta SMP Induknya SMPN 1 Latambaga. Keadaan sekolah belum sepenuhnya pulih, karena masih terdapat bangunan yang berlumpur, serta sarana dan prasarana sekolah banyak mengalami kerusakan, terutama buku dan komputer. Semoga segenap warga SMPN 1 Latambaga, baik Kepala Sekolah, Guru, Staff, dan Murid diberi kemudahan untuk tetap dapat melaksanakan pembelajaran.

Dari hasil verifikasi, untuk Kabupaten Kolaka masih sangat membutuhkan keberadaan SMP Terbuka ini dengan alasan:

  1. Memberikan kesempatan kepada anak-anak yang putus sekolah untuk tetap mendapatkan pelayanan pendidikan
  2. Mengingat keadaan masih banyak masyarakat yang tidak mampu dan layak mendapatkan pendidikan namun tetap dapat bekerja membantu orang tua mencari nafkah
  3. Sangat mendukung untuk program wajib belajar 9 tahun, karena banyak siswa tidak melanjutkan ke SMP karena faktor ekonomi siswa.
Baca Juga  Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah

Penulis : Erwan Nur Arief, S.Pd

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top