Verifikasi Pendataan SMP Terbuka di Kab. Garut

Kabupaten Garut atau dikenal dengan sebutan Kota Intan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang terkenal dengan dodol dan domba Garut nya. Motto dan cita-cita dari Kabupaten Garut yaitu “Garut Bangkit Garut Berprestasi” seakan menjadi gambaran bahwa Kabupaten Garut sedang berkembang dan mengejar ketertinggalannya dari kota dan kabupaten lain di berbagai bidang seperti Sumber Daya Manusia, Pembangunan, Kesehatan, dan tentu saja yang sangat penting yaitu dalam bidang pendidikan.

Tingkat kemiskinan di Kabupaten Garut masih tergolong cukup tinggi, menyebabkan banyak anak yang putus sekolah. Salah satu penyebabnya dikarenakan pola pikir orang tua yang memiliki tingkat ekonomi rendah lebih memilih menyuruh anaknya untuk membantu pekerjaannya daripada bersekolah. Padahal dengan bersekolah, akan sangat membantu masa depan dari anaknya tersebut, dan juga sebagai tanggung jawab dalam melaksanakan wajib belajar 9 tahun.

Untuk mengatasi masalah tersebut, beberapa SMP di Kabupaten Garut menyelenggarakan program SMP Terbuka, yang waktu dan pelaksanaan pembelajarannya berbeda dengan sekolah regular. SMP Terbuka sangat fleksibel dalam penyelenggaraan nya, mulai dari tempat belajar yang tidak harus di sekolah, namun di TKB (Tempat Kegiatan Belajar) yang bermacam-macam seperti bangunan khusus, rumah warga, bahkan mushola. Sedangkan waktu belajarnya pun menyesuaikan dengan kesibukan anak yang biasanya pagi sampai siang hari digunakan untuk membantu orang tua bekerja, sehingga waktu belajar dimulai di sore hari. Selain itu, beberapa SMP Terbuka di Kabupaten Garut memberikan keterampilan life skill untuk menunjang pekerjaan mereka apabila sudah lulus nanti, seperti keterampilan sablon, menjahit berbagai jenis baju, dan lain-lain.

SMP Terbuka di Kabupaten Garut dikoordinir oleh Seksi Kelembagaan dan Kesiswaan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, dan di bina oleh Direktorat Pembinaan SMP Kemendikbud pada skala nasional. Pada tanggal 6 – 9 Mei 2019, kami melakukan Verifikasi pendataan SMP Terbuka di Kabupaten Garut, dari laporan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, terdapat 26 SMP Terbuka di Kabupaten Garut dari sebelumnya yang berjumlah 28. Terdapat 2 SMP terbuka sudah tidak beroperasi, sehingga SMP Terbuka tersebut ditutup. Berikut daftar nama 26 SMP Terbuka di Kabupaten Garut:

  1. SMP Terbuka 1 Banjarwangi
  2. SMP Terbuka Pasirwangi
  3. SMP Terbuka 1 Caringin
  4. SMP Terbuka 1 Cibalong
  5. SMP Terbuka 1 Cilawu
  6. SMP Terbuka 1 Kadungora
  7. SMP Terbuka 1 Karangpawitan
  8. SMP Terbuka 1Karangtengah
  9. SMP Terbuka 1 Kersamanah
  10. SMP Terbuka 1 Malangbog
  11. SMP Terbuka 1 Pakenjeng
  12. SMP Terbuka 1 Pameungpeuk
  13. SMP Terbuka 1Pangatikan
  14. SMP Terbuka 1Peundeuy
  15. SMP Terbuka 1 Sukawening
  16. SMP Terbuka 1 Wanaraja
  17. SMP Terbuka 2 Banjarwangi
  18. SMP Terbuka 2 Bayongbong
  19. SMP Terbuka 2Bungbulang
  20. SMP Terbuka 2 Cisurupan
  21. SMP Terbuka 2 Limbangan
  22. SMP Terbuka 3 Bayongbong
  23. SMP Terbuka 3 Cisompet
  24. SMP Terbuka 4 Tarogong Kidul
  25. SMP Terbuka 6 Garut
  26. SMP Terbuka 1 Cihurip

Dari 26 sekolah tersebut, baru 6 sekolah yang kami verifikasi dengan memberikan instrumen pendataan dan instrumen keterampilan. Namum kedepannya akan ada verifikasi lanjutan untuk sekolah-sekolah lainnya. Dengan adanya verifikasi pendataan SMP Terbuka, diharapkan terkumpulnya data SMP Terbuka yang valid sehingga dapat mempermudah dalam proses penyaluran bantuan pemerintah untuk operasional dan keterampilan SMP Terbuka di seluruh Indonesia.

Baca Juga  SMP Terbuka 2 Batujajar - Kab Bandung Barat

Penulis : Erwan Nur Arief, S.Pd

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top