Ungkapan Para Peserta Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia 2019

JakartaAKSI atau Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia merupakan bentuk penilaian eksternal  yang terstandar dan didesain untuk mengukur literasi, numerasi, literai sains dari siswa dengan kompetensi abad 21. AKSI merupakan survey yang menaungi kegiatan pemantauan mutu pendidikan secara nasional yang bertujuan untuk memperoleh data serta bukti-bukti yang valid tentang pencapaian kompetensi siswa serta factor-faktor yang berperan dalam pencapaian tersebut. Data serta bukti tersebut diharapkan menjadi dasar dalam penyusunan kebijakan dan program untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara khusus dan mutu Pendidikan secara umum.

Berikut beberapa ungkapan dari peserta Bimtek Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) 2019

I wayan yasa S.Pd.M.Pd selaku peserta dari Sulawesi tengah ini kedua kalinya ia mengikuti kegiatan AKSI. Menurutnya soal AKSI mempunyai kelebihan yaitu memiliki stimulus. Yang apabila terus di kembangkan anak-anak kita dapat bersaing dengan cara membiasakan soal-soal stimulus pada siswa, agar terbiasa menjawab soal-soal yang mempunyai stimulus.

Harapan Bapak I wayan saya S.Pd.M.Pd sebagai Guru IPA “Semoga dengan adanya Bimtek AKSI kami dapat menyebarkan ilmu yang telah kami serap selama kegiatan ini.”

Baca Juga  Alat Musik Botol Proyek Pembelajaran Inovatif IPA

Kamaliyah Kadir S.Pd.I.M.Pd selaku peserta dari Kalimatan Tengah “Ini kedua kalinya saya mengikuti kegiatan AKSI 2019. Saya merasa bangga mengikuti program ini, dikarenakan programnya bagus serta merasa excited untuk mengikuti kegiatan ini kembali.”

Adapun harapan Ibu Kamaliyah Kadir S.Pd.I.M.Pd sebagai Guru Matematika “Mudah-mudahan kami bisa mendapatkan banyak ilmu pastinya.”

Ade Suyandi S.Pd.M.Pd selaku peserta dari Cirebon mengaku ini pertama kalinya ia mengikuti Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia  2019. “Saya sangat tertarik dikarenakan saya setuju membuat soal itu jangan trus monoton, perlu adanya perubahan. Karena saya ingin meningkatkan kemampuan murid saya.”

Adapun harapan Bapak Ade suyandi S.Pd.M.Pd Sebagai Guru Matematika “Semoga saya mendapat ilmu yang dapat dibawa pulang, serta dapat membagikannya ke sesama rekan pendidik di Cirebon.”

Semoga dengan adanya kegiatan Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan murid-murid tingkat sekolah menengah pertama (SMP) di Indonesia. Semoga kegiatan pelatihan-pelatihan ini dapat trus berlangsung disetiap tahunnya.

Penulis : Rizka Dwi Jayanti

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top