Ujian Essay Pada Olimpiade Sains Nasional 2019 Bidang IPS

Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 tingkat SMP bidang IPS dilaksanakan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sejak tanggal 2-3 Juli 2019. Hari pertama ujian OSN 2019 bidang IPS diujikan dalam bentuk penyelesaian soal teori sedangkan untuk hari kedua diujikan dalam bentuk essay.

Sebelum menuliskan essay, peserta diminta untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya setelah itu ada pemutaran video berdurasi 10 menit sebagai bahan atau materi yang berisikan data dan informasi penting berkaitan dengan unsur geografi, sejarah dan ekonomi.

Tujuan peserta OSN bidang IPS diujikan dengan menuliskan essay yaitu sebagai dasar ekplorasi siswa untuk memberi ruang yg lebih dalam untuk menganalisis dan mengakomodasi pengetahuan peserta secara komprehensif khususnya dalam bidang IPS.

Baca Juga  Kondisi SMP Terbuka 1 Argapura - Majalengka

“Ada beberapa aspek yg dinilai dalam pembuatan essay seperti topik yg jelas, alur gagasan, logika, analisis unsur-unsur terkait bidang IPS, dan lain-lain” penjelasan dari Rhoma Dwi Aria. Y,M.Pd salah satu koordinator penjurian OSN 2019 bidang IPS. Ia juga berharap para peserta OSN 2019 bidang IPS bisa bertanding secara sportif untuk melanjutkan ke olimpiade tingkat internasional dan semakin memahami serta mengaplikasikan hakikat keilmuan IPS yg penuh dengan nilai-nilai karakter dan kehidupan.

Penulis : Zia Zelina

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top