Tata Pengelolaan & Pembelian Dana Bantuan Pemerintah SMP Terbuka 2019

Jakarta – Hari kedua Bimtek Bantuan Operasional dan Bantuan Pendidikan Keterampilan SMP Terbuka 2019 diisi dengan penyampaian berbagai materi dan diskusi, diantaranya materi tentang Tata Pengelolaan Dana Bantuan Pemerintah yang disampaikan oleh Bapak Taufik Pasaribu, S.E. Beliau menjelaskan tata pengelolaan yang harus di lakukan SMP Terbuka, meliputi : tata cara pencairan dana, proses transaksi, dokumen pendukung pembayaran, pencatatan biaya & transaksi, pelaporan pertanggung jawaban, sisa pembelanjaan dan perpajakan.

Materi selanjutnya mengenai Tata Cara Pembelian Dana Bantuan Pemerintah yang disampaikan oleh Bapak Drs. Amsor Abdul Karim, M.Si. Beliau memaparkan hal apa saja yang boleh di belanjakan dan dimanfaatkan dengan menggunakan Dana Bantuan Operasional dan Dana Bantuan Pendidikan Keterampilan SMP Terbuka serta Asistensi RAB.

Baca Juga  Hari Kedua Capacity Building Direktorat Pembinaan SMP 2019

Khusus untuk Guru Bina Keterampilan lebih dijelaskan lagi mengenai pelaksanaan program keterampilan di SMP Terbuka, terkait dengan cara pembelajarannya, alat & bahannya, serta rencana kegiatan untuk pembelanjaan Dana Bantuan untuk Keterampilan. Dana Bantuan Operasional dan Dana untuk Keterampilan berbeda fungsinya maka dari itu tidak diperbolehkan terjadinya double counting yaitu satu kegiatan bersumber dari 2 dana bantuan.

SMP Terbuka dapat terselenggara dengan baik bilamana tersedia peserta didik, pendidik, tenaga pendidikan, sarana dan prasarana belajar dan dana untuk operasional yang memadai serta dikelola secara efektif dan efisien. Materi-materi yang telah disampaikan pada kegiatan Bimtek ini menjadikan pondasi demi mewujudkan proses pembelajaran yang berkualitas di SMP Terbuka.

Penulis : Zia Zelina

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top