Tari Sambutan Kabupaten Muara Enim

Jakarta – Acara Pekan Kebudayaan Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 7 hingga 13 Oktober 2019 di Istora Senayan. Pada acara tersebut terlihat begitu banyak kebudayaan yang di sajikan kepada pengunjung, baik dari pameran koleksi benda, adat, seni lukisan dan bahkan tarian daerah.

Salah satu peserta yang bernama Pratama Anggrahi Taufik memperkenalkan sebuah tarian daerah yang berasal dari Kabupaten Muara Enim, Tarian tersebut merupakan tarian sambutan untuk menyambut para pejabat atau para tamu yang berada di luar Kabupaten Muara Enim. Tarian ini juga lebih condong ke adat dan dalam penyajian tariannya sebelum diakhiri, para tamu disambut dengan istilah sekapur sirih dengan memberi makan daun sirih sebagai simbol sambutan.

Adapun Harapan yang diungkapkan Pratama Anggrahi Taufik “Saya sangat mengapresiasi dengan adanya acara Pekan Kebudayaan Nasional yang di selenggarakan Kementerian terkait, Indonesia kita penuh dengan banyak budaya, kita tidak boleh melupakannya. Tarian sambutan ini di cipatakan pada tahun 2004 dan di patenkan sebagai warisan budaya tak benda. Semoga budaya – budaya yang lama ataupun budaya yang baru bisa terus eksis dan tidak hillang dimakan oleh waktu, dengan adanya acara ini semua macam budaya daerah dapat berkumpul dalam satu tempat seindonesia dan beragam. Karena acara tersebut kita juga bsa saling kenal mengenal budaya daerah lainnya hingga bahasa daerah dan bisa memperkenalkan budaya masing – masing kepada pengunjung maupun kepada masyarakat sekitar, Semoga Indonesia damai, sukses dan maju terus”.

Baca Juga  Workshop Pencitraan Publik 2019 (Atria Hotel Gading Serpong)

Penulis : Araafi, S.Kom

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top