Tahukah Anda apa itu Asesmen Potensi?

Jakarta – Asesmen merupakan suatu proses atau upaya untuk mendapatkan data, serta informasi potensi pegawai dengan instrument tertentu sebagai pengambilan keputusan untuk mengetahui potensi diri dari para pegawai dilingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Penilaian Asesmen ini didasarkan dari proses pengumpulan informasi tentang bagaimana kinerja maupun potensi pegawai dalam memanajemen Sumber Daya Manusianya masing – masing. Sistem yang baik akan menghasilkan Sumber Daya Manusia yang baik juga, Asesmen ini dapat mendorong pegawai untuk bisa lebih mengembangkan kompetensi sesuai kebutuhan dan dapat memotivasi pegawai dalam meningkatkan kualitas kinerjanya. Adapun beberapa point penting dalam asesmen potensi pegawai sebagai berikut :

  1. Pasal 51 UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara yang menyatakan bahwa manajemen ASN diselenggarakan berdasarkan Sistem Merit. Untuk mendukung implementasi Sistem Merit, perlu data profil pegawai, antara lain berupa data potensi berdasarkan hasil Asesmen.
  2. Asesmen ini bertujuan untuk menjaring data profil potensi pegawai di lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan guna mengembangkan manajemen SDM, promosi, rotasi, mutasi, pengembangan kompetensi serta manajemen talenta yang ada dengan instrumen tertentu.
  3. Materi Asesmen dilakukan untuk mengukur potensi psikologis yang mendasari kompetensi, sebagaimana Peraturan Menteri PAN & RB Nomor 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara.
  4. Asesmen diselenggarakan berbasis aplikasi online yang dapat diakses melalui jaringan internet (web – base)

 

Baca Juga  Tradisi Lebaran Idul Fitri dan Lebaran Ketupat

Oleh karena itu, upaya yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam melaksanakan Kegiatan Asesmen Potensi Pegawai 2019 ini diperlukan guna mengembangkan potensi – potensi yang ada, kinerja, kompetensi, kualitas dan juga membantu meningkatan karir para pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Silahkan kunjungi website resmi Asesmen Kemendikbud RI disini

Penulis : Arraafi, S.Kom
Sumber : sdm.kemdikbud.go.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top