Stop Bullying Pembelajaran Inovatif PPKN

Tangerang – Pipin Ariestaningsih S,Pd, M.Pd. selaku Guru Model Real Teaching PPKn yang membahas tentang Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa, membuka pembelajarannya dengan para siswa melakukan tepuk tangan PPK agar lebih santai dan bersemangat.

Sebagai awal pembahasan ditampilkan sebuah cuplikan dimana cuplikan tersebut sangat menarik karena ­didalamnya menjelaskan bahwa perbedaan suku, ras, dan agama, adalah suatu perbedaan bukanlah menjadi suatu masalah tetapi menjadi satu kesatuan.

Diakhir cuplikan terdapat lagu “Satu Nusa Satu Bangsa” untuk lebih menanamkan kembali cinta akan tanah air.

Selanjutnya setelah melakukan beberapa perundingan tentang kejelekan siswa saat ini, semua bersepakat membahas tentang bullying mengenai apa saja itu bullying dan memberikan solusinya agar dikemudian hari tidak terjadi lagi kasus pembulian yang dilakukan oleh sesama pelajar.

Banyaknya kasus pembulian membuat para siswa pandai dalam memberikan solusi untuk mengatasinya, bahkan ketika presentasi dilakukan banyak sekali ide-ide yang terkumpul seperti, menjaga pergaulan, berusaha tidak menyakiti perasaan orang lain dan tidak melakukan pembulian balik terhadap orang yang telah memberikan pembulian kepada kita tetapi cukup melaporkan kepada guru atau orang tua agar menemukan solusi yang lebih baik. Karena dampak dari bullying cukup memprihatinkan contohnya: gangguan mental atau stres akibat tekanan yang di berikan, berkurangnya prestasi akademik, dan banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga  CLC Nabawan

Stop Bullying, Stop Kekerasan ciptakanlah perdamaian. Karena BULLYING  berada diluar Nilai-Nilai Pancasila.

Penulis : Robitul Ulum, S.Kom

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top