Sosialisasi Program Indonesia Pintar 2018

Kegiatan Sosialisasi Program Indonesia Pintar diawali dengan Ibu Lia, membahas mengenai Pengertian dari Program Indonesia Pintar yaitu merupakan program Presiden yang diamanahkan kepada Kemendikbud. Kementrian pendidikan dan kebudayaan melaksanakan Program PIP dengan tujuan untuk meningkatkan akses bagi anak usia 6 sampai 21 tahun untuk mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat satuan pendidikan menengah dan mencegah peserta didik dari putus sekolah (Drop Out).

Angka Partisipasi Kasar (APK) keluarga yang mampu secara ekonomi secara umum lebih tinggi dibandingkan dengan (APK) keluarga yang tidak mampu, salah satu alasannya yaitu tingginya biaya pendidikan baik biaya lansung maupun tidak lansung. Biaya lansung meliputi iuran sekolah, buku, seragam, alat tulis. Sementara biaya tidak lansung nya meliputi biaya transport, Kursus,uang saku, dan biaya lain-lain.

Baca Juga  App Android Dokumen Pendukung Kurikulum 2013

Sasaran kegiatan Program Indonesia Pintar adalah para operator PIP Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Karna banyak nya sasaran peserta Rakor dan agar lebih efektif dan efesien dalam pelaksanaannya maka dirancang menjadi tiga region : yaitu Region Bandung, Makasar dan Jakarta.
Tujuan PIP yaitu untuk membantu biaya personal pendidikan bukan informal dan PIP berlaku kepada siswa yang terdaftar (aktif) dalam jenjang pendidikan SMP/SMA.

Cara mendapatkan KIP (Kartu Indonesia Pintar), saat ini KIP sudah berbentuk ATM memiliki Bank penyalur di tinggkat SMP ITU Bank BRI.
Cara pengumpulan berkas memiliki 2 syarat:
1. Adanya surat keterangan dari kepala sekolah
2. Foto copy KTP orang tua dan anak (ASLI).

Penulis : Adinda Ayu Fatimah
Foto : Robitul Ulum, S.Kom

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top