SMPN 5 Yogyakarta mengharumkan nama Indonesia

Jakarta – Putra-Putri terbaik bangsa Indonesia kembali membawa nama harum Indonesia dikancah internasional, yakni meraih medali dalam ajang Kejuaraan Riset Internasional (OKSEF 2019) yang diselenggarakan di Turki, 10 – 16 Juni 2019. 

OKSEF – merupakan salah satu wadah yang serius mengayomi putra-putri terbaik seluruh dunia dalam hal berkompetisi dibidang sains, hal tersebut terlihat dari Misi dibentuknya OKSEEF antara lain berkontribusi pada pertumbuhan kaum muda yang belajar aturan etis selama penelitian ilmiah.

Tahun 2019 ini, kompetisi sains yang diselenggarakan OKSEF diikuti oleh 24 negara di dunia, salah satunya adalah Negara Indonesia.

Indonesia untuk jenjang SMP melalui SMP Negeri 5 Yogyakarta berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan memabwa pulang Medali. Hal ini merupakan prestasi yang membanggakan karena kejuaran riset OKSEF ini merupakan kejuaran riset yang bergengsi di level Internasional.

Medali yang diraih yaitu 1 Medali Perak dan 2 Medali Perunggu, Medali Perak diperoleh dari bidang engineering dan energi yang diwakili oleh Kartika Zahra Salsabila, Ghazali Thariq Al Bustomi dan Muhammad Fatih Ibrahim dengan judul penelitian LAWS ( Landslide Early Warning System) based on MPT, Sementara 2 medali perunggu diperoleh oleh 1 tim di bidang kimia yang diwakili oleh Almira Salsabila Ghassani Asmara, Salma Anindya, Humayra Sonia Musragfirin  dengan judul peneitian FANS (Fish Scale As a Natural Additive Substance) dan 1 tim di bidang Biologi yang diwakili oleh Yuha Navia Choirunnisa, Tristania Diota Elmira Fitriazahra dan Aliya Nashwa Nabila dengan judu peneitian “Petter (Peanut Butter) Jam“.

Direktur Pembinaan SMP, Ibu Poppy Dewi Puspitawati dengan didampingi Kepala Seksi Bakat Prestasi, Ibu Retno Juni Rochmaningsih sangat mengapresiasi atas prestasi yang diraih oleh putra –putri Indonesia dalam kejuaran riset internasional tersebut. Para putra-putri peraih medali (tim penelitian) beserta orang tua dan guru pendamping disambut dengan hangat oleh Ibu Poppy di ruang kerjanya, Direktorat Pembinaan SMP, Gd. E. Lt. 15

Pesan yang disampaikan Ibu Poppy Dewi Puspitawati (Direktur Pembinaan SMP) kepada semua putra-putri Indonesia khususnya untuk mereka yang telah sukses meraih medali tersebut “Selamat atas prestasi yang diraih, semoga semakin banyak siswa yang berprestasi mengharumkan nama Indonesia”. 

Tetap semangat dan terus belajar bagi seluruh putra-putri Indonesia, bawa nama harum bumi pertiwi ke pelosok Dunia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top