SMP Terbuka Rancakalong – Kabupaten Sumedang

SMP terbuka Rancakalong menginduk kepada SMPN 1 Rancakalong yang berada di daerah pegunungan sebelah Barat kota Sumedang. Sekolah akan mengajukan pelaksanaan SMP Terbuka karena sementara sudah 16 siswa yang mau mendaftar sebagai siswa SMP Terbuka. Alasan siswa memilih SMP Terbuka karena jarak dari rumah ke sekolah relatif jauh (daerah pegunungan) dan transportasinya adalah ojek yang relative mahal. Selain itu terutama siswa dari wilayah TKB Sukamanah tertarik karena terdapat program ketrampilan Tata Busana yang selama ini sudah berjalan dengan baik dan produknya telah di pasarkan baik secara intern maupun umum.

Pada acara-acara tingkat kabupaten selalu diundang untuk memamerkan produknya. Tidak hanya di tingkat kabupaten tetapi pernah juga melakukan pameran di tingkat propinsi juga pusat (Lomojari).
Salah satu produk dari kegiatan siswa SMPT Rancakalong di TKB Sukamanah adalah kaos seragam olahraga yang dipakai siswa SMPN 1 Rancakalong. Tidak hanya kaos tetapi juga pakaian lain yang telah dipasarkan dengan label SMP Terbuka Rancakalong. Proses pembuatannya mulai dari pembuatan pola, memotong, menjahit dan finishing semua dilakukan sendiri oleh siswa dibawah bimbingan guru dan ditunjang peralatan yang cukup memadahi. Lokasi TKB Sukamanah adalah di SD Sukamanah. Alumni SMP Terbuka mudah diterima di perusahaan garmen di Sumedang maupun Bandung karena keahliannya menjahit.

SMP Terbuka Rancakalong pada tahun ajaran 2018/2019 mempunyai siswa sebanyak 46 orang terdiri dari siswa kelas 8 sebanyak 21 orang dan kelas 9 sebanyak 25 orang, sedangkan siswa kelas 7 tidak ada peminatnya. Siswa-siswa tersebar di 4 TKB, siswa terbanyak berasal dari TKB Sukamanah yaitu 29 orang. Siswa kelas 9 berjumlah 25 orang hanya 20 siswa mengikuti UN, seluruhnya lulus sedangkan 5 siswa yang lain tidak mengikuti UN dan Ujian akhir sekolah karena beberapa saat sebelum ujian sudah meninggalkan rumah untuk bekerja di luar kota.

Hasil rata-rata nilai UN siswa SMP Terbuka adalah 42,52 sedangkan rata-rata nilai UN SMP Induk (SMPN 1 Rancakalong) adalah 49,64, artinya nilai UN tidak terpaut jauh.
Pada tahun sebelumnya, tahun ajaran 2017/2018 dari siswa kelas 9 sebanyak 30 orang seluruhnya mengikuti UN dan seluruhnya lulus.

Baca Juga  121.168 Siswa Pendidikan Dasar dan Kesetaraan di Kabupaten Banyumas Terima PIP

Penulis & Foto : Primahadi

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top