SMP Terbuka Kuala Batee – Aceh Barat Daya

SMP Terbuka Kuala Batee terletak cukup jauh dari daerah perkotaan Blang Pidie Kabupaten Aceh Barat Daya. SMP Terbuka Kuala Batee terletak di sebuah desa yang bernama Desa Pasar Kota Bahagia KM.18, Kecamatan Kuala Batee, Provinsi Aceh. Karena kondisi cukup jauh di daerah perbukitan dan dikelilingi pegunungan semangat para siswa untuk belajar tidak akan pernah pudar,  untuk berangkat ke sekolah rata-rata siswa berangkat sekolah menggunakan kendaraan pribadinya atau diantar jemput orang tua/wali murid dikarenakan tidak adanya transportasi umum di wilayah tersebut.

Jumlah siswa terbuka pada tahun ajaran 2018/2019 terdapat 14 siswa dengan kelas 7 berjumlah 5 siswa, kelas 8 berjumlah 3 siswa dan kelas 9 berjumlah 6 siswa. Pada saat kami berkunjung untuk memverifikasi SMP Terbuka Kuala Batee, jawaban dari Kepala Sekolah tentang Sekolah Terbuka adalah, “Sebenarnya sudah sejak dulu SMP Terbuka Kuala Batee ini ingin di tutup akan tetapi di daerah wilayah sekolah ini (SMP Terbuka Kuala Batee) banyak para orang tua/wali murid ingin anaknya sekolah yang pada awalnya murid-murid tersebut putus sekolah dan ingin bersekolah lagi.

Rata-rata yang ditemukan dilapangan murid-murid putus sekolah dulunya bersekolah negeri akan tetapi putus sekolah dikarenakan ada dua faktor, yang pertama faktor ekonomi dan yang kedua faktor tidak naik kelas, maka para murid dengan faktor tersebut mendaftar dirinya ke sekolah terbuka di SMP Kuala Batee” itulah jawaban dari Bapak KAFRAWI, S.Pd., M.Pd selaku Kepala Sekolah SMP Terbuka Kuala Batee.

Baca Juga  Kunjungan Kerja Direktur Pembinaan SMP ke SMPN 2 Plumbon - Cirebon

Kegiatan belajar mengajar berada di sekolah induk untuk siswa terbuka kegiatan belajar dilakukan pada siang hari tepat pada pukul 14.30. SMP Terbuka Kuala Batee tidak ada TKB (Tempat Kegiatan Belajar) semua kegiatan belajar mengajar berada di induk dan SMP Terbuka Kuala Batee tidak ada program keterampilan.

Foto detail tentang SMP Terbuka Kuala Batee silahkan buka menu Galleri Foto

Penulis : Rizki Ramdani, S.Kom

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top