SMP Terbuka Kelapa Lima – NTT

“SMP Terbuka dan Manfaatnya untuk yang Terpinggirkan”

SMP Terbuka merupakan Lembaga pendidikan Formal yang tidak berdiri sendiri tetapi merupakan bagian dari SMP Induk yang dalam menyelenggarakan pendidikannya menggunakan metode belajar mandiri. Dalam Rangka pendataan keberadaan SMP Terbuka, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indoneisa melakukan Verifikasi data di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang guna menyelaraskan data agar Bantuan yang nanti akan diberikan oleh pemerintah Pusat Tepat Sasaran.

SMP Terbuka Kelapa Lima, Merupakan satu-satunya SMP Terbuka di Kota Kupang dan masih eksis sampai dengan saat ini, SMP terbuka yang berdiri sejak 1 April 1996 ini keberadaanya sangat membantu anak-anak kurang mampu yang memiliki keterbatasan waktu namun ada keinginan untuk bersekolah, Mayoritas siswanya merupakan anak-anak yang berasal dari kabupaten yang berada di NTT yang bekerja di Kota Kupang, SMPT dengan  jumlah Siswa sebanyak 259 Orang dan memiliki 12 TKB, Kegiatan Belajar mengajar dimulai Pukul 13.00-16.00 WITA Setiap hari senin sampai dengan Sabtu.

Baca Juga  Bimtek Renovasi Region Surabaya 2019

SMP Terbuka Kelapa lima yang Berinduk di SMPN 5 Kota Kupang ini beralamat di Jl. Frans Seda Kec. Kelapa Lima ini Memiliki Guru Bina sejumlah 19 Orang PNS dan 11 Orang Honorer serta guru pamong sejumlah 1 Orang PNS dan 11 orang Honorer, Keterampilan yang diajarkan di sekolah terbuka ini adalah Sablon, Tata Rias dan Tata Boga.

SMPT ini pernah menjuarai Lomba Tata Boga antar SMP/MTs sederajat Se-Kota Kupang dalam rangka menyongsong hari Pendidikan nasional yang dilkaksanakan Oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang Tahun 2017.

Kendala SMPT kelapa lima selama ini terkait dengan dana yang minim serta sarana dan prasarana yang sangat terbatas, alat-alat keterampilan Sablon misalnya, printer digital sudah tua dan usang serta tak berfungsi sebagaimana mestinya, selain itu untuk peralatan keterampilan tata rias, alat-alat pendukung seperti tools makeup sudah kadarluawasa.

Penulis : Abdiyana Arsyad, S.Kom

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top