SMP Terbuka di Kabupaten Karawang

Kabupaten Karawang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Barat. Walaupun daerah ini cukup dekat dengan Ibu Kota dan menjadi kawasan strategis dalam pengembangan industri, di Kabupaten Karawang ini  masih banyak masyarakat usia sekolah yang masih memiliki keterbatasan dalam menikmati pendidikan wajib sembilan tahun.

Mengingat kondisi ini, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama melakukan revitalisasi SMP Terbuka yang ada di kabupaten Karawang (bahkan di seluruh penjuru Indonesia) dengan melaksanakan verifikasi pendataan SMP terbuka dan program keterampilan SMP Terbuka.

Hingga saat ini tercatat ada 7 SMP Terbuka yang masih beroperasi di Kabupaten Karawang, diantaranya adalah SMPT 1 Batujaya, SMPT 1 Cilamaya Wetan, SMPT 1 Kutawaluya, SMPT 1 Pakisjaya, SMPT 1 Pedes, SMPT 1 Rengasdengklol, dan SMPT Teluk Jambe.

Pada umumnya, penyelenggaraan pembelajaran SMP Terbuka di kabupaten ini dilaksanakan dengan menggunakan bangunan SD sebagai Tempat Kegiatan Belajar (TKB)  dan rata-rata berjarak 3-5 km dari sekolah induk. Lokasi TKB biasanya terletak di perkampungan warga yang tidak ada akses angkutan publik dengan kondisi masyarakat yang boleh dikatakan kurang mampu.

Baca Juga  Kunjungan Kerja Direktur Pembinaan SMP ke SMPN 2 Plumbon - Cirebon

Penulis : Fauzi Nur Hidayat, M.Pd

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top