SMP Terbuka Astambul – Kalimantan Selatan

SMP Terbuka Astambul merupakan sekolah terbuka yang diselenggarakan oleh SMPN 1 Astambul, yang ini terletak di Jl. A.Yani Km 48 Astambul, Kab. Banjar, Kalimantan Selatan. Tahun Ajaran 2018/2019 SMP Terbuka ini memiliki 299 Siswa yang masih aktif melakukan KBM di beberapa TKB, sedangkan pada tahun ajaran 2017/2018 SMP Terbuka ini sudah meluluskan siswa sebanyak 77 lulusan, alasan kepala sekolah tetap menyelenggarakan SMP Terbuka ini antara lain : banyaknya siswa yang tidak mampu mengikuti jadwal SMP Reguler dikarenakan membantu orang tua bekerja, memberikan kesempatan kepada santri Madrasyah Salafiah yang tidak mendapatkan materi umum, dan memberikan bekal keterampilan bagi siswa agar dapat menciptakan lapangan kerja sendiri setelah lulus dari SMP Terbuka dan melanjutkan ke SMA Terbuka.

 

TKB di SMP Terbuka ini ada 6 lokasi yang jaraknya cukup jauh dari sekolah induk, jumlah siswa dari setiap TKB beragam dari paling sedikit 16 siswa, sampai yang terbanyak berjumlah 50 siswa, setiap 2 (dua) kali dalam seminggu siswa terbuka ini wajib mengikuti proses pembelajaran di sekolah induk. Menurut Kepala Sekolah SMPN 1 Astambul, Hj. Ruswatina, M.Pd, SMP terbuka ini ada beberapa kendala yang dihadapi oleh pihak sekolah maupun siswa terkait dengan dana BOS yang masih dirasa kurang, tidak ada lagi beasiswa untuk siswa SMP terbuka, padahal pada tahun-tahun sebelumnya beasiswa tersebut sangat membantu siswa untuk mengurangi beban transportasi dari rumah ke sekolah reguler maupun TKB.

Alasan sekolah tetap mempertahankan keberadaan SMP Terbuka:

Menampung siswa yang tidak memungkinkan untuk belajar di sekolah regular karena

  1. Bekerja membantu orang tua di sawah
  2. Bekerja serabutan di pasar untuk memenuhi kebutuhan hidup
  3. Memberikan kesempatan kepada santri Madrasyah Salafiah yang tidak mendapatkan materi umum
  4. Memberikan bekal keterampilan bagi siswa agar dapat menciptakan lapangan kerja sendiri setelah lulus dari SMP Terbuka dan melanjutkan ke SMA Terbuka.
Baca Juga  Gebyar Pendidikan & Kebudayaan 2019

Adapun kendala yang dihadapi  dalam pelaksanaan SMP Terbuka Astambul adalah:

  1. Tidak adanya lagi bantuan dana yang langsung kepada semua siswa  berupa bea siswa seperti beberapa tahun yang lalu.  Dengan adanya bantuan tersebut dapat meringankan beban siswa untuk biaya transpot ke sekolah induk ( Sekolah kami melaksanakan pola   4 : 2, yakni 4 hari siswa belajar di TKB dengan didampingi guru pamong dan 2 hari belajar di sekolah induk bersama guru bina.
  2. Dana Operasional Sekolah Tambahan tidak lagi diterima setiap tahun seperti beberapa tahun yang lalu.
  3. Kegiatan PPK tetap kami laksanakan sebagai bekal keterampilan untuk siswa dan dananya diambikan dari BOS regular.
  4. Belum adanya pembinaan dan bantuan dari daerah untuk kegiatan PPK di sekolah kami seperti pelatihan untuk tenaga ahli dan pemasaran produk.
  5. Dalam pelaksanaan UNBK dan sebagai Sekolah Informatika, kami masih perlu bantuan komputer/ laptop  dalam jumlah yang cukup.
  6. Ada baiknya selain buku paket sebagai salah satu sumber belajar seperti siswa regular, siswa SMP Terbuka diberikan modul yang lebih praktis yang mengacu pada buku paket.

Rangkaian Galeri Foto tentang SMP Terbuka Astambul bisa Anda lihat pada halaman Galeri – Foto

Penulis : Cecep

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top