SMP Terbuka 2 Majenang

Sejak berdiri  s/d tahun 2019 pengelolaan SMP Terbuka 2 Majenang tetap eksis. Pada tahun-tahun pertama berdiri pembelajaran dilaksanakan di 5 (lima) TKB. Masing-masing TKB terdapat guru pamong dari guru- guru SD setempat. Setiap hari Sabtu diadakan pertemuan di Sekolah Induk dengan asuhan guru bina dari Sekolah Induk SMP Negeri 2 Majenang). Sebagai bahan pembelajaran berupa modul yang dikirim oleh Kemendikbud.

Pengelolaan SMP Terbuka dengan tatap muka di TKB ternyata kurang membawa hasil optimal karena pada umumnya siswa SMP terbuka tidak lulus Ujian, karena Syarat Lulusannya berdasarkan hasil Ujian Nasional. Hal ini disebabkan Kriteria Kelulusan SMP terbuka sama dengan SMP Reguler, sedangkan pengelolaan pembelajaran berbeda.

Sejak Tahun 2010 sampai sekarang pelaksanaan SMP Terbuka ditempatkan di SMP Induk, dengan fasilitas dan layanan sama dengan SMP reguler. Hal ini dilakukan :

  1. Sistem pendataan di Dapodik SMP terbuka sudah menyatu dengan SMP Induk
  2. Modul tidak ada kiriman dari Kemdikbud
  3. Siswa dan orangtua siswa menginginkan agar mendapatkan pelayanan lebih optimal
  4. Siswa SMP terbuka tidak merasa dianaktirikan
Baca Juga  Verifikasi SMP Terbuka Kota Palu & Kab. Sigi

SMP Terbuka 2 Majenang beberapa kali memperoleh juara 1 Lomojari di tingkat provinsi, dan 4 kali berlomba di tingkat nasional.

Disamping itu SMP Terbuka 2 Majenang melaksanakan pembelajaran keterampilan berupa Batik dan Sablon. Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan saat ini yaitu kurangnya dana penunjang keterampilan, pengadaan alat, bahan dan insentif tenaga berasal dari dana BOS (perlu bantuan dana keterampilan).

Penulis : Cecep

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top