SMP Terbuka 1 Kiarapedes

SMP Terbuka 1 Kiarapedes terletak di Jl Raya Kiarapedes Rt.05 Rw. 02, kecamatan kiarapedes. Saat ini SMP Terbuka 1 Kiarapedes memiliki dua Tempat Kegiatan Belajar yaitu di TKB Gardu 1 dan TKB Gardu 2. TKB Gardu 1 dan 2 merupakan sebuah banguna Sekolah Dasar yang di manfaatkan untuk pendidikan SMP Terbuka. Walaupun kondisi bangunannya seadanya tetapi kegiatan pembelajaran masih bisa berlangsung. TKB Gardu 1 ini beralamat di kampung Gardu sedangkan TKB Gardu 2 berada di desa Taringgul Landeuh.

SMP terbuka ini dipimpin oleh bapak Sugeng Widodo, S.Pd., M.M.Pd dan ditangani oleh 10 orang guru bina (6 PNS dan 4 honorer) dan 4 orang guru pamong (berstatus PNS). Kegiatan pembelajaran lebih diutamakan dilaksanakan di TKB yang berdurasi lima hari. Sedangkan kegiatan pembelajaran di sekolah induk disesuaikan dengan kebutuhan dari siswa tanpa menjadwalkan secara teratur.

Selain kegiatan pembelajaran yang bersifat akademik, sekolah juga melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler, dan pendidikan keterampilan. Sekolah menerima bantuan pendidikan pada tahun 2013 di gunakan untuk pendidikan keterampilan menjahit. Dana bantuan pendidikan tersebut dimanfaatkan untuk pembelian bahan baku kain dan juga mesin jahit. Namun kegiatan ini tidak dapat dilakukan kembali sejak tahun 2014.

Jumlah siswa yang terdaftar aktif di SMP terbuka pada tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 132 orang dengan sebaran 41 siswa di kelas VII, 47 siswa di kelas VIII, dan 44 siswa di kelas IX. Pada umumnya para siswa memilih melanjutkan pendidikan di SMP terbuka didorong oleh dua alasan. Yang pertama adalah faktor ekonomi keluarga yang tidak memungkinkan mereka untuk melanjutkan ke sekolah regular karena tidak ada biaya. Kedua adalah lokasi sekolah regular yang jauh dari pemukiman para siswa sehingga mengharuskan mereka menggunakan sarana transportasi pribadi.

Baca Juga  Verifikasi Pendataan SMP Terbuka di Kota Sorong dan Kab. Sorong

Memperhatikan kebutuhan pendidikan bagi para siswa dari kalangan tidak mampu ini, pengelola berupaya mempertahankan keberadaan SMP terbuka walaupun jumlah siswanya mengalami penurunan.

Penulis : Fauzi Nur Hidayat, M.Pd

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top