SMP Terbuka 1 Ende

SMP Terbuka merupakan satu alternatif subsistem pendidikan formal yang menerapkan prinsip pembelajaran secara mandiri. Di SMP Terbuka, siswa belajar dengan bantuan seminimal mungkin dari guru atau orang lain dan menggunakan modul sebagai bahan ajar utama. SMP Terbuka bertujuan memberikan kesempatan belajar yang lebih luas kepada anak-anak lulusan SD/MI atau sederajat yang tidak dapat mengikuti pendidikan SMP Reguler karena berbagai hambatan yang dihadapinya.

SMP Terbuka 1 Ender merupakan SMP terbuka yang berinduk dan melaksanakan seluruh proses KBM di Sekolah Induk yakni di SMPN 1 Ende, Beralamat di Jalan Kelimutu Kelurahan Onekere Kecamatan Ende Tengah ini Memiliki 204 Orang Siswa, Dengan Rincian 85 Siswa Kelas VII, 56 Siswa Kelas VIII serta 63 Siswa Kelas IX.

SMP Terbuka yang berdiri sejak Tahun 1997 ini Memiliki Jadwal tatap muka sebanyak 6 kali dalam seminggu seperti SMP Regular namun yang membedakan yakni Jadwal tatap muka SMPT dilaksanakan siang Hari, Pada Pukul 13.00 s/d 17.00 WITA di Hari Senin hingga Sabtu. Alasan Para Siswa Memilih untuk bersekolah di SMP Terbuka ini yakni terkait Waktu Belajar yang dilaksanakan di siang hari sehingga mereka bias pekerja terlebih dahulu di pagi hari, selain itu pihak sekolahpun tidak menarik iuran apapun kepada para siswa dikarenakan mayoritas para siswa berasal dari keluarga yang kurang mampu.

Kendala yang selama ini dialami Oleh Sekolah selama ini yakni Minimnya Dana Untuk Operasional Sekolah dan pembelian Buku Pelajaran. Selain itu Kendala Sekolah terkait para Siswa yang terkadang tidak bisa masuk sekolah untuk mengikuti Proses KBM dengan alasan ketiadaan ongkos dari rumah ke sekolah.

Baca Juga  Daftar Pemenang FLS2N Tingak SMP 2019

Penulis : Abdiyana Arsyad, S.Kom

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top