SMP Terbuka 1 Bojong – Purwakarta

SMP ini berdiri sejak tahun 2007 dan masih beroperasi hingga saat ini. SMP ini menginduk kepada SMPN 1 Bojong yang beralamat di Jalan raya kecamatan bojong purwakarta. Dibawah Pimpinan Bapak Mochamad Izudin, M.Pd kegiatan pembelajaran SMP Terbuka dilaksanakan di dua tempat yaitu satu hari di SMPN 1 Bojong (sekolah induk) dan SDN (TKB) serta di Rumah Ibadah yang beralamat di Cileunca, pangkalan dan sukamanah kecamatan bojong.

Selain kegiatan akademik, SMP terbuka ini juga menyelenggarakan pendidikan keterampilan menjahit dengan memanfaatkan dana bantuan pendidikan keterampilan. Tujuan pendidikan keterampilan ini adalah untuk memberikan keterampilan tambahan yang dapat siswa manfaatkan setelah menyelesaikan pendidikan jenjang SMP. Tetapi sangat disayangkan kegiatan keterampilan ini mengalami kepakuman karena tidak tersedianya dana untuk pembelian bahan baku.

Siswa yang masih dinyatakan aktif pada tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 37 siswa yang terbagi menjadi tiga kelas. Kelas VII berjumlah 7 siswa, kelas VIII berjumlah 11 siswa dan kelas IX berjumlah 19 siswa. Melihat tren jumlah siswa saat ini, terlihat adanya penurunan jumlah siswa. Hal ini disebabkan dua hal, yaitu kurangnya motivasi siswa siswa untuk belajar (lebih mengutamakan bekerja) dan kurangnya dukungan dari masyarakat.

Walaupun jumlah siswa mengalami penurunan, SMP Induk tetap mempertahankan keberadaan SMP terbuka. Hal ini didasari oleh pertimbangan

  1. Jarak sekolah regular yang cukup jauh dari pemukiman masyarakat. Dalam kondisi ini siswa tidak bersedia melakukan perjalanan dengan berjalan kaki karena waktu tempuh yang akan memakan waktu dan tidak tersedianya kendaraan umum.
  2. Kondisi ekonomi orang tua siswa yang dikategorikan kurang mampu. Hal ini berdampak pada kebutuhan transportasi siswa yang cukup besar dengan mengharuskan memiliki kendaraan pribadi.
  3. Memberikan kesempatan belajar kepada siswa. Saat ini masih terjadi drop out siswa di SMP regular karena tidak mampu menyediakan transportasi untuk siswa melakukan perjalanan ke sekolah.
Baca Juga  Pembukaan Bimtek SMP Terbuka 2019 - Region Jakarta

Penulis : Fauzi Nur Hidayat, M.Pd

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top