SMP Negeri Terbuka Bajawa

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam salah satu tugasnya membina SMP yang ada di seluruh Indonesia. Salah satu lembaga Formal yang bergerak dalam bidang pendidikan adalah SMP Terbuka. Keberadaan SMP Terbuka tidak lepas dan saling berkaitan dengan SMP Induk sebagai acuan dalam pembelajarannya. Dalam beberapa waktu lalu perwakilan dari Direktorat Pembinaan SMP melaksanakan pendataan terhadap salah satu SMP Terbuka yang ada di Kab. Ngada Provinsi Nusa Tenggara Timur yakni SMP Negri Terbuka Bajawa.

SMP Negeri Terbuka Bajawa merupakan salah satu SMP Terbuka di Kab. Ngada yang berdiri pada Tahun 1997 dan beralamat di Jalan Budi Utomo Kelurahan Ngedukelu yang dipimpin oleh Dra. Maria Crescentia Imelda (Kepala Sekolah). SMP Negeri Terbuka Bajawa memiliki 1 TKB (Tempat Kegiatan Belajar) yakni TKB utama yang terletak di Sekolah induk yang berada di SMPN 1 Bajawa dengan jumlah 95 siswa, teridiri dari kelas VII 30 siswa, kelas VIII 30 siswa dan kelas IX 39 siswa

SMP Negeri Terbuka Bajawa memiliki Guru Bina sebanyak 8 orang PNS dan 2 orang honorer serta guru pamong sejumlah 1 orang PNS dan 2 orang honorer yang rata rata adalah lulusan Strata 1 (S1), Keterampilan yang diajarkan di sekolah terbuka ini adalah Tata Boga dan kerajinan tanggan yang menggunakan bahan baku dari barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi.

Ada beberapa kendala yang dialami SMP Negeri Terbuka Bajawa selama ini, beberapa kendala yang terpotret oleh petugas yakni terkait dengan minimnya dana serta sarana dan prasarana yang sangat terbatas, yaitu dalam pembelian alat-alat dan bahan yang rata ratanya adalah bahan habis pakai serta biaya perawatan yang tidak sedikit. Diharapkan kedepan Direktorat Pembinaan SMP dapat memfasilitasi seluruh SMP Terbuka yang ada diseluruh Indonesia khususnya SMP Negeri Terbuka Bajawa ini.

Baca Juga  Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI)

Penulis : Nuryamin Abd Rasyid Pella, S.Pd.I

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top