SMP Inspirasi Baznas Depok Mencetak Generasi Pebisnis & Penerus Penghafal Al – Quran

Depok –  Inspirasi datang bukan hanya dari diri sendiri tapi juga bisa dari dunia sekitar kita, salah satunya yaitu didalam dunia pendidikan, sama halnya dengan program kelas bisnis dan penghafal Al- Quran yang dikembangkan dari Sekolah Inpirasi Anak  Negeri ( Baznas) yang berlokasi di Depok Citayem. Setiap hari Senin dan Selasa para siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasanya dibidang akademik dan dihari Rabu, Kamis, dan Jumat dijadwal kan untuk kelas bisnis dan penghafal Al-Quran.

Bapak Bobby Charles S.T selaku Manager SMP Inspirasi Baznas mengatakan bahwa” Anak-anak dilatih pada waktu pagi nya yaitu berbisnis dan siang nya hafalan Al- Quran, para siswa juga memiliki unit usaha namanya adalah I-SO ( Inspirasi Solusi) yaitu usaha pengelolaan lingkungan bergerak dalam pengelolaan sampah dan sudah memiliki 3 produk yaitu I-SO, I-SO + dan Aiprime. Tapi karna masih baru semua baru tataran konsep yang sudah jadi yaitu I-SO yang merupakan satu alat yang diberikan kepada masyarakat, dan siswa dilatih untuk menjadi menjadi pengusaha sesungguhnya dengan mencari nasabah dengan sekolah dan instansi dan dari situ omset mereka ada”

 “Unik nya dari sekolah ini yaitu kelas-kelas yang dimiliki itu berukuran kecil karena jika kelas pendidikan formal umumnya  berukuran besar dan dapat menampung 300 siswa karena untuk mengatur era 60-an tujuan nya untuk menghasilkan para operator di era Revolusi Industri itu sudah tidak cocok untuk zaman sekarang dan untuk saat ini yang dibutuhkan adalah melahirkan seorang leader. Dengan seperti itu diharapkan dapat melahirkan pengusaha-pengusaha dengan keimanan yang kuat,hafalan nya ada omset nya juga ada”. jelasnya.

Pesan pak Bobby untuk “anak-anak diharapkan memililiki 3 skill (3 C) yaitu mereka Critical Thingking agar mereka peduli dengan lingkungan sekitar dan berfikir kritis yang kedua harus adanya creativitas untuk memberikan solusi terhadap yang dikrtik dan kolaboratif agar mereka bisa melihat peluangdan dapat menghasilkan sebuah idedan mampu berkolaborasi dengan yang lain”. Tambahnya

Baca Juga  SMP Terbuka 1 Kiarapedes

Sekolah ini juga menerapkan sekolah sepreti di Negara Finlandia, yang dimana hanya ada satu guru dan murid sebanyak 15 siswa. SMP dan SMK disini juga gratis karna dibiayai oleh Baznas ( Badan Amal Zakat) milik pemerintahan Kota Depok. Dan ini merupakan sekoah Baznas Pertama tingkat kota Depok, ada yang pusat ada yang kota. Tapi untuk saat ini biaya SMP ada yang bayar dengan syarat harus memiliki SKTM.

Juara yang sudah diraih oleh SMP ini yaitu pemuda Developer dibidang pendidikan dengan menampilkan produk I-SO nya (unit usaha). Secara keseluruhan total pengajar ada 5 orang dengan target yaitu 7 orang dengan SD 2 orang, MI 1 orang dan SMP 2 orang ( dari SMP Baznas).

Dengan begitu komitmen target sekolah yaitu dapat mewujudkan sekolah pengusaha Al-Quran dengan target pencapaian 10 juz dan 5-10 juta rupiah dengan omset bisnis per/bulan.

Penulis : Adinda Ayu Fatimah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top