Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan

Materi ke lima di dalam Rakor Program Direktorat Pembinaan SMP membahas tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan yang disampaikan oleh Direktorat Jenderal Dikdasmen Kemendikbud di Hotel Atria – Gading Serpong.

Sistem penjaminan mutu pendidikan merupakan suatu kesatuan unsur yang terdiri atas organisasi, kebijakan, dan proses terpadu yang mengatur segala kegiatan untuk meningkatkan mutu pendidikan dasar dan menengah yang saling berinteraksi secara sistematis, terencana dan berkelanjutan.

Di dalam sistem penjaminan mutu pendidikan berpacu pada UU NO. 20 yang menyatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan hak yang sama terkait dengan mutu pendidikan. untuk memastikan mutu harus ada kerjasama dari berbagai macam pihak untuk mengawal peraturan kerja yang dibuat berdasarkan anggaran yang digunakan.

Baca Juga  Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Sekolah Secara Daring - Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah (SIPLah)

Direktorat Jenderal Dikdasmen menyatakan bahhwa Pendanaan untuk Kabupaten, Kota dan Provinsi 85%-95% berasal dari APBN. Pengajuan anggaran tidak bisa diminta secara langsung karena perlu melalui proses yang panjang.

Pada saaat ini Dikdasmen sedang bekerjasama dengan KPK untuk membidik permasalahan mengenai dana BOS, dan untuk melakukan pengajuan dana diharapkan setiap sekolah mencantumkan nomor NPSN.

Penulis & Foto : Shesvika Putri Anjani

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top