Semangat Belajar dari pedalaman Sabah-Malaysia

Sabah (Malaysia) – CLC (Community Learning Center) yang sudah berjalan di negeri Sabah-Malaysia merupakan suatu wadah yang menampung dan memfasilitasi bagi seluruh anak-anak TKI (Tenaga Kerja Indonesia) untuk tetap bisa melanjutkan pendidikan mereka.

Team Direktorat Pembinaan SMP memverifikasi CLC Jeroco tepatnya di wilayah Lahad Datu-Sabah Malaysia, lokasi tersebut membutuhkan fisik lumayan untuk bisa di lokasi tersebut, dimana melewati jalan perkebunan sawit dan tidak semua jalan bisa dikatakan bagus untuk dilalui, karena masih banyak titik tertentu yang rawan longsor dan jalan yang belum diaspal.

memasuki kawasan Kawasan Jeroco Company tidaklah mudah dan tidak bisa dilalui oleh masyarakat biasa, harus ada ijin khusus. Team Direktorat Pembinaan SMP di dampingi penghubung antar CLC Bp. Arif Purnawan mengantarkan kami ke lokasi CLC Jeroco yang berada di pertengahan kebun kelapa sawit. Sangat beruntung Jeroco Company mendukung penuh adanya CLC Jeroco, memfasilitasi dan memberikan bantuan sarana dan prasaran untuk kegiatan belajar mengajar, Guru yang mengajar di CLC tersebut pun diberikan rumah untuk tinggal di kawasan CLC Jeroco, siswa-siswi pun dijemput diantar dalam aktifitas keseharian belajar mereka, walapun menggunakan Lori (Truk).

Sampai dilokasi tersebut kisaran menjelang Sholat Ashar, siswa dan guru menyambut kehadiran Team Direktorat Pembinaan SMP, Manager Jeroco Tuan Mahadir (Tuan : merupakan panggilan/gelar untuk orang yang dihormati dalam lingkungan kerja) memberikan sambutan kepada seluruh murid dan guru yang hadir, “dengan adanya CLC Jeroco ini semoga dapat meningkatkan mutu pelajaran, jangan berhenti belajar sampai disini, supaya kelak menjadi seseorang yang bisa berarti untuk diri sendiri, orang tua dan negara Indonesia”. Mendengar motivasi tersebut sangatlah menyentuh hati, beliau yang warga Negara Malaysia memberikan dukungan penuh terhadap putra-putri TKI Indonesia untuk terus belajar dan bisa mengharumkan nama Indonesia.

Baca Juga  OSN SMP 2019 Memberi Warna Peradaban Bangsa

Bp. Indra S Biki – Direktorat Pembinaan SMP pun memberikan sambutan yang begitu hangat “saya sangat senang dengan nuansa belajar yang ada di CLC Jeroco ini begitu kental dengan nuansa Islami, senandung Sholawatan, Mengaji dan aktivitas lainnya sangatlah menentramkan hati dan fikiran”

“Putra-putri Indonesia disini kalian tidaklah cukup belajar sampai disini, Indonesia menyiapkan kalian sampai tingkat pendidikan setinggi tingginya, beasiswa, kuliah di universitas ternama di seluruh Indonesia silakan kalian pilih sesuai kemampuan dan cita-cita” Indra S Biki

Melihat semangat anak-anak TKI yang mencari rejeki di negeri orang tetapi tidak meninggalkan dunia pendidikan sangatlah mulia, kelak suatu hari nanti pasti diantara kalian akan menjadi orang yang benar-benar bermanfaat bagi keluarga dan khsusnya nama harum Indonesia, Salam serumpun melayu – belajar tidak mengenal usia dan tempat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top