Semangat Belajar CLC Borneo Samudera

“Satu Nusa, Satu Jiwa, Satu Bangsa, Indonesia” itulah semboyan yg selalu diucapkan oleh murid-murid yang belajar di CLC Borneo Samudera – Sabah Malaysia. CLC ini dikelola oleh Junaedi, S.Pd, Gr. Adapun sebagai catatan singkat bahwa CLC Borneo Samudera ini memiliki jumlah siswa untuk kelas VII : 52, kelas VIII : 64 dan kelas IX : 45 sehingga total keseluruhan adalah 161 peserta didik.

Sedangkan Guru yang mengajar Guru Bina ; Andi Wahyuni, S.Pd, Gr, Dafiq Samudra, S.Pd, Junaedi, S.Pd, Gr, Firda Siregar, S.Pd, Tyas Oktanita Liangsari, S.Pd, Salim Hotner Simamora, S.Th. Sementara untuk Guru Pamong ada 2 (dua) orang yaitu; Andriani Rustam dan Ratna Sari Dewi, S.Pd.

CLC Borneo Samudera menempati lahan perusahaan dimana 1 (satu) lokasi dengan Humana (Komunitas pendidikan setempat). Perusahaan setempat sangat membantu keberadaan CLC Borneo dimana menyediakan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai, rumah untuk guru yang mengajar, listrik untuk kebutuhan sehari-hari walaupun terbatas jam penggunaanya. Sementara untuk penerapan Kurikulum yang dilakukan pada CLC Borneo Samuder ini menggunakan Kurikulum 2013. Jam belajar mengajar dari hari Senin s.d Sabtu, keterbatasan tenaga pengajar/Guru sehingga harus membuat Guru mengajar secara estafet, diamana mengajar lebih dari satu kelas secara bersamaan.

Baca Juga  Penetapan Peserta OSN SMP 2019

Bp. Indra S Biki – Direktorat Pembinaan SMP memberikan pesan kepada seluruh peserta didik dan tenaga pengajar “semangat kalian sangat bagus dalam belajar, bagi siswa-siswi kelas 9 yang ingin melanjutkan sekolah pada jenjang SMA, Indonesia siap menerima lulusan dari CLC Borneo Samudera, jangan hanya belajar saja tetapi iringi semua itu dengan berdoa, sehingga semua cita-cita akan mudah tercapai”.

Pada kesempatan ini Bp. Arif Purnawan – Konjen RI bagian Sabah Malaysia memberikan pesan kepada seluruh murid-murid peserta didik yang ingin melanjutkan ke jenjang SMA, ada beberapa hal yang harus di perhatikan, antara lain:

  1. Hidup Mandiri : Belajar mulai dari dini untuk hidup mandiri dimana saja karena hal itu sangat penting apabila nanti melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi tetapi jauh dari rumah/orang tua.
  2. Teguhkan hatinya dengan orang tua : berikan kesempatan terbaik buat anak-anaknya untuk belajar walaupun harus pisah dengan orang tua.
  3. Apabila kalian harus belajar di Indonesia walaupun ditempatkan di Jawa, Kalimantan, Sulawesi itu bukan suatu masalah, beradaptasilah dengan lingkungan yang kalian tempati.
  4. Mulai dari sekarang pastikan cita-cita kalian kelak sesuai dengan yang selama ini di inginkan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top