Sekilas Pesan Kesan Peserta OPSI SMP 2019

Jakarta – Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada tanggal 26 November 2019 bertempat di Kelapa gading, Jakarta. Antusias peserta dalam mengikuti kegiatan OPSI, berikut ini merupakan pernyataan dari beberapa perserta OPSI;

Darwis S.ST selaku guru pembimbing SMPN 1 Surabaya, Jawa Timur mengungkapkan “Dengan adanya kegiatan OPSI dapat mendorong anak- anak untuk lebih kreatif menulis karya ilmiah serta lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya dapat berkontribusi terhadap sesamanya, terutama teman sebayanya ataupun lingkungan sekitarnya. Sehingga nanti anak-anak kedepannya dapat menyongsong proyek tahun 2045 untuk menjadi generasi emas, lebih menyalurkan ide-ide yang membangun negeri ini supaya menjadi Indonesia yang lebih maju kedepannya dibanding Negara lain. Semangat untuk semua peserta OPSI sukses terus”.

Azurra, Tanaya, Titania selaku peserta dari SMP Al-Hikmah Surabaya, Jawa Timur mengungkapkan “Kami sejak awal ingin mengembangkan sebuah source untuk Indonesia selain itu kami suka ngulik-ngulik bahan, serta sekolah juga menyediakan wadah supaya bisa mengembangkan ide-ide kami. Untuk itu kami sempat mengkonsultasi dengan ustadzah, dan kami di ikutkan sertakan untuk mengikuti kegiatan OPSI dan Alhamdulillah kami masuk finalis OPSI. Kami membaca website-website tentang Edukasi. Semoga hasil penelitian yang kami lakukan dapat dinotice oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan”.

Moh Fakhri Al Farisy peserta dari SMP Islam Terpadu Nurul Ilmu, Jambi mengungkapkan “Kami ingin mencoba hal baru, menambah ilmu serta wawasan dan pengalaman. Dengan itu, penelitian kami tentang Uji Efektifitas Biji sebagai insektisida alami Nyamuk aedes aegypti” awalnya kami meneliti ini dikarenakan di Jambi ini banyak sekali kasus Demam BerDarah (DBD) sekitar 300 orang mengalami DBD dan selama itu cara mengatasinya dengan pengasapan”. Sedangkan pengasapan itu memiliki efek samping pada pernafasan manusia. Kami mencoba cari solusi alternative dengan bahan alami untuk membasmi jentik nyamuk aedes aegypti dengan menggunakan biji dukuh dan biji jarak. Dengan mengeringkan dan menghaluskan biji dukuh dan biji jarak dan dicampur ekstrak sirih merahyang digunakan sebagai pelarutnya. Semoga OPSI ini dapat berlanjut setiap tahunnya, dengan adanya OPSI dapat membuat prestasi pada siswa-siswanya.

Baca Juga  Pameran Gelar Karya Film Pelajar

Abi Ridho Riwando peserta dari SMP Permata Insani Tangerang mengungkapkan “Dengan adanya kegiatan OPSI ini sangat bagus untuk melahirkan peneliti-peneliti muda. Penelitian kami tentang Alarm Mendekteksi darah naik pada infus serta mendeteksi cairan infus habis. Awalnya kami mengikuti eksrakurikuler dan kami browsing trend an issue yang ada. Karena itu kami sangat penasaran pada masalah yang ada dirumah sakit. Semoga buat kalian semua yang belum atau sedang berusaha untuk mengikuti kegiatan OPSI jangan pantang menyerah karena ditahun-tahun berikutnya semoga aja masih ada kegiatan OPSI”.

Semoga dengan adanya kegiatan OPSI, dapat melahirkan generasi menuju Indonesia emas.

Penulis :

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top