Sekilas Penjaringan Data & Informasi SMP 2 Kubu Raya

Selain untuk Penjaringan Data dan Informasi Kondisi SMP, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui mutu dari sekolah. Mulai dari kondisi fisik sekolah, hingga data Dapodik. Karena salah satu acuan Direktorat Pembinaan SMP dalam memberikan bantuan kepada sekolah yang membutuhkan adalah data dari Dapodik, maka Data Pokok Pendidikan atau Dapodik ini harus sesuai dengan keadaan di lapangan, sehingga dapat mencerminkan mutu dari sekolah.

Terdapat 7 sekolah di Kab. Kubu Raya yang menjadi sasaran Penjaringan Data dan Informasi Kondisi SMP Tahun 2019, yaitu SMP Negeri 6 Kuala Mandor B, SMPN 8 Kubu, SMPN 9 Kubu, SMP Negeri 1 Sungai Ambawang, SMP Negeri 2 Sungai Kakap, SMP Negeri 9 Sungai Kakap, dan SMPN 12 Satu Atap Sungai Kakap. Sebagian besar data Dapodik dari sekolah tersebut, sudah sesuai dengan keadaan di lapangan, namun masih ada beberapa sekolah yang mengisi Dapodik tidak sesuai dengan keadaan di lapangan, alasannya karena mengejar akreditasi sekolah agar mendapat akreditasi yang baik.

Baca Juga  Bimtek Pelatihan Panitia Renovasi Gedung Sekolah SMP 2019

Oleh karena itu masih terdapat sekolah-sekolah yang secara data menunjukan bahwa sekolah tersebut baik, layak, dan berakreditasi bagus, namun keadaan di lapangan tidak menunjukan hal demikian. Hal tersebut masih menjadi tantangan bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, khususnya Direktorat Pembinaan SMP untuk selalu menyajikan data Pendidikan yang update dan aktual yang tentu saja perlu dukungan dari baik dari Dinas Pendidikan, LPMP, dan dari sekolah-sekolah itu sendiri.

Penulis :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top