Sebagian Kata Hati Peserta OPSI SMP 2019

Jakarta – Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2019. Pemenang OPSI mendapatkan masing-masing 7 (tujuh) perunggu, 5 (lima) perak, 3 (emas) emas dalam bidang lomba Bidang IPA, Kemanusian dan seni dan Lingkungan, Bidang IPS dan lingkungan serta Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa.

Adapun tanggapan dari peserta yang bernama Nailu Nada Zahra dari SMPN 5 Yogyakarta peraih Medali Emas dalam Bidang IPS dan Lingkungan menuturkan “Sejak awal pengumuman kaget kok bisa lolos tingkat nasional, dikarenakan pada tahun lalu kami tidak lolos seleksi. Jujur kami tidak berharap dari awal untuk mendapat mendali. Karena akan menghadapi juri-juri yang senior, kami merasa kalah pintar jauh. Tetapi ternyata jurinya sangat antusias, kedepannya kami berharap penlitian kami dapat jauh bermanfaat karena untuk platform alternative sosial kita berharap dengan ini dapat menjangkau seluruh remaja Indonesia bahkan dunia. Untuk seluruh remaja Indonesia jadilah produktif, kreatif dan gunakan era digital ini untuk mencapai hasil menuju Indonesia emas atau generasi emas 2045.”

Adinda Aisyah Nindyani dari SMPN 1 Sanggau, Kalimantan Barat menuturkan  “OPSI ini seru, semua orang pintar yang ada di Indonesia dari 34 provinsi berkumpul dalam kegiatan OPSI. Dapat mempunyai teman baru, serta pengalaman-pengalaman baru dan mendapatkan banyak ilmu. Buat temen-temen yang mungkin belum mendapat kesempatan mengikuti OPSI terus tetap bersemangat, terus berlatih, terus melakukan penelitian karena segala sesuatu itu membutuhkan proses tidak ada yang instan. Jadi tetap semangat, kuatkan niat, harus tetap fokus”.

Cardinalia Gan dari SMPN 3 Karatu, Kab. Seram Bagian Barat, Maluku menuturkan “Saya tidak menyangka dapat lolos ke tingkat nasional. Rasanya senang banget, sebelum pemanggilan juara kami banyak berdo’a agar lolos. Semoga kedepnnya saya dapat dapat mengikuti OPSI kembali”.

Yanti gyrberthus S.Pd selaku Guru Pembina SMPN 3 Karatu, Kab. Seram Bagian Barat, Maluku menuturkan “Ini pengalaman baru  untuk saya, pengalaman ini saya akan jadikan motivasi kedepan agar terus lebih baik membina, dapat membimbing siswa-siswa saya dan lebih berprestasi dari yang sekarang ini.”

Semoga dengan hadirnya kegiatan OPSI dapat memberikan peluang bagi para peserta untuk terus berkarya. Generasi Peneliti, Menuju Indonesia Emas.

Baca Juga  SMP Terbuka 1 Kiarapedes

Foto Pembukaan OPSI SMP Tahun 2019 lebih lengkap silahkan lihat di menu Galeri – Foto

Penulis : Rizka Dwi Jayanti
Foto : Arraafi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top