Rumah Belajar, Platform Pendidikan Tanpa Berbayar

Jakarta – Pada kesempatan Rakor Sosialisasi BOS Afirmasi dan BOS Kinerja Tahun 2019, Bapak Gogot Suharwoto, Ph.D selaku Kepala Pusat Teknologi dan Komunikasi, Kemdikbud memberi pencerahan mengenai Digitalisasi Sekolah yang sejalan dengan diluncurkannya Rumah Belajar, Platform Pendidikan Kemdikbud tanpa berbayar yang dapat diakses dengan mudah baik secara online maupun offline melalui PC, Laptop, maupun Smartphone (tersedia versi android di Playstore).

“Diperkirakan 65% anak yang sekarang duduk di sekolah dasar pada suatu saat mereka akan bekerja, yang mana pekerjaannya itu sekarang belum ada. Karena semakin canggihnya teknologi misalnya penemuan robot dan lain sebagainya, tenaga manusia akan tergantikan. Lantas Bagaimana posisi Indonesia yang ada revolusi industry 4.0 ini? Indonesia diperkirakan tahun 2024 masuk dalam kategori 5 besar negara maju jika saja Sumber Daya Manusia, teknologi dan infranstukturnya unggul. Inilah yang menjadi dasar mengapa bapak Menteri menekankan digitalisasi sekolah, karena kita butuh SDM, teknologi dan infranstuktur yang siap untuk menghadapi revolusi industri.”  Ujarnya.

Pendidikan harus selaras dengan tuntutan Revolusi Industri 4.0 dan mampu menyiapkan lulusan yang siap menghadapi revolusi industri masa akan datang dimana mereka akan menjalani hidup. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh Guru dan Tenaga Kependidikan, Siswa serta masyarakat luas. Rumah Belajar merupakan sebuah portal pembelajaran dari yang menyediakan bahan belajar dan fasilitas komunikasi serta interaksi antar komunitas. Rumah Belajar memiliki fitur-fitur utama yang bermanfaat bagi guru yaitu Kelas Maya atau Kelas Digital, Buku Sekolah Elektronik, Sumber Belajar dengan video, audio, dan animasi, bank soal, laboratorium maya, wahana jelajah angkasa, peta budaya, serta peningkatan keprofesian pembelajaran bagi guru. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

Baca Juga  Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Narasi dan Paparan

Silahkan kunjungi website resmi Rumah Belajar Kemendikbud RI disini

Penulis : Zia Zelina

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top