Rumah Belajar Kemendikbud RI

Dilihat: 48

Masa Pandemi Covid-19 ini mengharuskan kita menghabiskan waktu belajar dari rumah, orang tua mempunyai perana penting mendampingi putra-putrinya untuk tetap menjalankan aktifitas belajarnya. Sesuai dengan Keputusan Bersama yang disiarkan secara langsung beberapa hari lalu oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran & Akademik Baru (15 Juni 2020) bahwa Tahun Ajaran 2020/2021 akan tetap dimulai pada bulan Juli 2020, dengan ketentuan untuk daerah yang berada di Zona Kuning, Oranye dan Merah DILARANG untuk melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan.

Untuk semua peserta didik jenjang SMP (Sekolah Menengah Pertama) yang berada di Zona tersebut diatas bisa tetap melakukan kegiatan Belajar Dari Rumah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membantu mempermudah agar siswa-siswi tetap dapat belajar melalui jaringan maya, baik website maupun aplikasi mobile.

Rumah Belajar Portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

Baca Juga  Apa itu Palapa Ring Indonesia

Apa saja Fitur Utama yang dimiliki Rumah Belajar yaitu;
Kelas Digital
Sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja.

Bank Soal
Fitur kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasarkan topik ajar. Tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan, dan ujian.

Sumber belajar
Fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi, dan permainan.

Laboratorium Maya
Fitur simulasi praktikum laboratorium yang disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum.

Kita semua tetap optimis bisa melewati masa pandemi Covid-19 dengan cepat berakhir sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung seperti sediakala.

Aplikasi Rumah Belajar sudah tersedia baik untuk pengguna Android maupun IOS. Apabila ingin mengakses Portal Rumah Belajar silahkan masukan urlnya pada browser https://belajar.kemdikbud.go.id/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top