Ribuan peserta pawai budaya meriahkan Parade Digdaya Nusantara 2019

Jakarta – Sejumlah ribuan peserta mengikuti pawai budaya melibatkan anak sekolah dan umum dari berbagai provinsi memeriahkan “Parade Digdaya Nusantara” di Istora Senaya, Jakarta pada Minggu 13 Oktober 2019. Pawai budaya menampilkan pertunjukkan seni secara kolaboratif merupakan rangkaian kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional. Pawai budaya Parade Digdaya Nusantara menutup acara Pekan Kebudayaan Nasional 2019 yang telah berlangsung selama seminggu yakni 7-13 Oktober 2019.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Muhadjir Effendy turut menyaksikan pawai tersebut dengan menggunakan pakaian tradisional masyarakat papua. Tak hanya pakaian, wajahnya pun dicat garis-garis putih.

“Parade Digdaya Nusantara merupakan wujud dari ruang bersama Indonesia Bahagia” kata Muhadjir Effendy saat melepas pawai tersebut.

Mereka pawai menampilkan kebudayaannya masing-masing , tidak hanya lewat pakaian tradisional, mereka juga menunjukkannya lewat tarian, musik dan kekayaan alam mereka.

Sebelum pawai, diawali dengan pertunjukkan tari kolosal didalam Istora Senayan.  Tarian-tarian daerah seperti Papua, Padang, Riau, dan Kalimantan.

Berikut beberapa ungkapan dari peserta setelah mengikuti Parade Digdaya Nusantara.

Panca Putra peserta dari Sulawesi Tenggara, merasa senang bisa datang ke Jakarta  dan bangga telah menampilkan tarian Papua sudah berlatih selama seminggu serta dapat memiliki teman-teman dari berbagai provinsi lain.

Baca Juga  Jambore Anak Indonesia di Malaysia ke-6

“Semoga menjadi lebih baik kedepannya dan bisa memperkenalkan diri dengan suku-suku lain serta tidak ada perbedaan. Berbeda-beda namun tetap satu”.

Agung peserta dari Padang, merasa sangat senang karena pertama kalinya ia datang ke Jakarta serta mendapatkan banyak teman-teman. Agung merasa bangga bisa menampilkan tari payung yang memiliki makna melindungi.

“Dengan adanya Pekan Kebudayaan Nasional 2019, semoga dapat berlanjut disetiap tahunnya.”

Ine dan Resa peserta dari Jakarta, membawakan tarian Ritual Nusantara

Setiap gerakan dari tariannya memiliki makna yaitu mewakilkan setiap daerah, beberapa gabungan tradisi yang ada di Indonesia dan hampir semua tradisi di Indonesia memiliki ritual yang sudah dikemas dalam ritual ini. Mempeeratkan kita bahwa Bhineka Tunggal Ika berbeda-beda tapi tetap satu.

“Semoga dapat lebih baik lagi serta terdapat ide-ide baru yang dapat tersalurkan dan supaya masyarakat semakin terketuk hatinya bahwa tradisi Indonesia itu beragam dan harus di cintai.”

Penulis : Rizka Dwi Jayanti

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top