Rapat Koordinasi & Sinkronisasi Pengelolaan Program Indonesia Pintar SMP 2019

Yogyakarta – Pembukaan Rakor Pengelolaan Program Indonesia Pintar Tahun 2019 di Hotel Grand Dafam Syarian Jogja  dimulai pukul 19.00 WIB. Acara  diawali dengan Pembukaan Oleh MC kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Ibu Putu Martini dari Kabupaten Bandung.

Laporan Panitia  diawali Oleh Ibu Maulani Mega Hapasari S.H selaku Kasubdit Peserta Didik Direktorat Pembinaan SMP, beliau menyampaikan dengan adanya Program Indonesia Pintar diharapkan dapat melanjutkan pendidikan ke Jenjang SMA. Tujuan dilaksanakannya Rakor yaitu agar dapat memberikan penjelasan mengenai arah kebijakan dan pengelolaan Program Indonesia Pintar serta  dapat mengkoordinasikan Program Indonesia Pintar antara Pusat dan Daerah dan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak yang berkepentingan dalam pengelolaan Program Indonesia Pintar Tahun 2019.

Beliau juga menjelaskan bahwa, hasil yang diharapkan dari pelaksanaan Rakor ini yaitu agar dapat tersosialisasikan dan meningkatnya pemahaman dan kesadaran peserta Rapat Koordinasi tentang arah  kebijakan pengelolaan Program Indonesia Pintar serta dapat memperoleh informasi tentang Program Indonesia Pintar dan pengelolaan nya di masing-masing Kabupaten/Kota.

Sambutan berikutnya oleh Bapak Budi Santosa Asyori SE.M.Si selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, yang membahas mengenai jaminan pendidikan daerah yang mencapai hingga 32 Milyar/tahun per anak. Untuk jenjang Sekolah Dasar berjumlah 1,2 jt, untuk tingkat SMP 2,5 jt dan tingkat SMA 4jt. Hal ini sinergi dengan buaya PIP, ada yang komplementer dan saling melengkapi.

Pembukaan resmi dibuka oleh Ibu Dr. Sarjinah M.Pd selaku Kepala LPMP Propinsi Yogyakarta, beliau menyampaikan bahwa pendidikan bukan hanya milik segelintir orang-orang saja, orang –orang kaya saja, orang-orang yang hanya memiliki jabatan tinggi saja tapi untuk semua “ Education For All”. Dan hal ini harus ada pada diri kita masing-masing.

Baca Juga  Lomba Memasak Pejabat Eselon I & II di Kemendikbud RI

Dengan adanya PIP diharapkan dapat menjadi pembelajaran yang baik serta dapat menjadi pemecahan masalah bagi anak-anak yang kurang beruntung dan diharapkan dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi. Lalu beliau berharap agar semua peserta dapat mampu menyusun strategi yang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya dalam mensukseskan program Program Indonesia Pintar.

Penulis : Adinda Ayu Fatimah
Foto : Robitul Ulum, S.Kom

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top