Rancangan Jembatan Hidrolik

Tangerang – Pelaksanaan Bimtek pembelajaran inovasi yang berlokasi di Hotel Horison Ciledug memasuki hari ke 3 dengan agenda acara setiap guru mata pelajaran melakukan rancangan sesuai dengan yang dibuat oleh setiap kelompok dalam satu mata pelajaran pada hari sebelumnya.

Bapak Sudar S.Pd. M.Pd, merupakan salah satu nara sumber yang berasal dari SMP 2 Demak yang menjelaskan tentang Jembatan Hidrolik dari mata pelajaran IPA yang melakukan metode pascal dan pesawat sederhana.

Alasan dibuatnya jembatan hidrolik ini berawal dari kesulitan perahu ketika akan melintas melewati jembatan tetapi terjadi pendangkalan atau meluapnya air sungai yang diakibatkan banjir sehingga perahu kesulitan untuk melewati jembatan atau bahkan tidak bisa melewatinya sama sekali.

Adapun alat yang perlu disiapkan yaitu, kardus, suntikan, selang dan lem tembak, setelah semua alat tersedia maka jembatan hidrolik dapat disusun sesuai rancangan.

Baca Juga  Kunjungan Mendikbud RI Muhadjir Effendy ke Sekolah Kristen IPEKA

Fungsi dan Tujuan dibuatnya jembatan hidrolik ini selain sebagai alat penyeberangan, jembatan ini dapat digunakan sebagai pelintasan perahu yang efektif karena dapat mengangkat ke atas jembatan sesuai kegunaan, sehingga ketika pendangkalan atau banjir terjadi maka perahu tetap bisa melewatinya karena jembatan dapat mengangkat sebagaimana fungsinya.

Penulis : Robitul Ulum, S.Kom

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top