Program Pendidikan Keterampilan SMP Terbuka

Dilihat: 76

Dalam upaya meningkatkan keterampilan pra-vokasional bagi peserta didik SMP Terbuka, Direktorat SMP memberikan bantuan program pendidikan keterampilan (PPK) bagi SMP Terbuka. Bantuan yang diberikan dalam bentuk dana dan bimbingan pelaksanaan PPK di SMP Terbuka. Yang diharapkan dalam program ini adalah peserta  didik SMP Terbuka mendapatkan bekal kecakapan hidup di bidang keterampilan, sebagai bekal apabila harus terjun langsung ke dunia usaha.

Saat ini keberadaan SMP Terbuka masih diharapkan dapat menampung tamatan Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang menghadapi berbagai macam kendala kondisional. Kendala kondisional yang mereka hadapi antara lain seperti kondisi sosial ekonomi yang lemah, letak geografis yang sulit, infrastruktur yang tidak menunjang, ketersediaan sarana transportasi publik yang sulit, kendala waktu karena harus bekerja membantu orang tua, maupun bekerja mencari nafkah sendiri. Oleh karena berbagai kendala yang dihadapi itu, kecil kemungkinan bagi mereka untuk dapat mengikuti pelajaran di SMP Reguler.

Dalam rangka melaksanakan pemberian bantuan PPK bagi SMP Terbuka, Direktorat SMP melaksanakan kegiatan fasilitasi bagi sekolah penerima bantuan PPK. Fasilitasi PPK ini bertujuan  memberi bekal kepada pengelola SMP Terbuka dalam mengelola bantuan dan dalam melaksanakan PPK bagi peserta didik SMP Terbuka. Program Pendidikan Keterampilan (PPK) Pra-vokasional yang dapat dikembangkan di SMP Terbuka yaitu Kriya (Contoh: Anyaman, Kriya Kayu, Kriya Tektil, Aksesoris, Sablon); Pengolahan Makanan dan Minuman; Batik; Tenun; Keterampilan Menjahit (Contoh: Kerajinan Tekstil, Tata Busana); Desain Grafis; dan Produk Perawatan Tubuh.

Baca Juga  Permendikbud No 45 Tahun 2019

 

Program ini mendukung pelaksanaan Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 tahun yang bermutu; mendukung pelaksanaan program Keterampilan di SMP Terbuka; meningkatkan kemampuan keterampilan peserta didik dalam mengembangkan kompetensi pribadinya yang sesuai dengan konsep Life Skills (Kecakapan Hidup); dan meningkatkan Tata Kelola Program Pendidikan Keterampilan. Kegiatan Fasilitasi Program Pendidikan Keterampilan SMP Terbuka dilaksanakan mulai dari minggu ke-2 bulan Juni hingga akhir Juni 2020.

Setelah pelaksanaan Fasilitasi ini diharapkan  pengelola SMP Terbuka memahami Kebijakan Direktorat SMP dalam pengelolaan SMP Terbuka; memahami pendidikan kecakapan hidup dalam program pendidikan keterampilan bagi SMP Terbuka; mampu menyusun program kerja pelaksanaan PPK, memahami petunjuk pelaksanaan pemanfaatan bantuan dan dapat mempertanggungjawabkan bantuan Program Pendidikan Keterampilan SMP Terbuka.

SMP Terbuka dapat terselenggara dengan baik bila tersedia peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana belajar, serta dana operasional yang memadai dan dikelola secara efektif juga efisien. Keperluan operasional SMP Terbuka telah disediakan melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler dari pemerintah Pusat dan BOS daerah baik dari Provinsi maupun dari kabupaten/kota. Dalam menunjang kegiatan Program Pendidikan Keterampilan, SMP Terbuka memerlukan dukungan berbagai pihak dalam mengembangkan program pendidikan keterampilan bagi peserta didik SMP Terbuka, baik itu dukungan pendanaan maupun dukungan pengembangan program pendidikan keterampilan diantaranya dukungan inovasi pengembangan program, dukungan tenaga ahli, atau pun dukungan pemasaran hasil produk. Hal ini memperkuat pelaksanaan program Pendidikan keterampilan di SMP Terbuka.

Penulis : Okta

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top