DITPSMP - Senyum senantiasa mampir pada diri Yohanes Ande Kala. Sosok yang akrab dipanggil Joni ini menjadi populer karena aksinya saat upacara hut ke-73 RI di Pantai Mota’ain, Desa Silawan, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Insiden tali yang terlepas, membuat Joni memanjat sepanjang tiang bendera. Aksinya pun viral berkat rekaman video.

Siapakah sosok Joni sebenarnya? Sekelumit kisah terwartakan kala Joni mendapatkan apresiasi dan hadiah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Gedung Kemdikbud pada Senin pagi (20/8/2018). Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud Hamid Muhammad mengajak dialog Joni dalam obrolan ringan.

Terungkaplah bahwa Joni paling suka pelajaran Matematika. Joni juga menyukai olahraga sepak bola. Siswa kelas VII SMP Negeri Silawan ini memiliki cita-cita sebagai tentara.

Keterampilannya memanjat tiang bendera bisa jadi karena Joni telah terbiasa naik pohon. Pohon asam, pohon kelapa, pohon pinang, merupakan deretan pohon yang telah khatam dinaikinya. Maka tak mengherankan jika sosok peraih gelar juara dua kali lomba panjat pinang ini tidak merasa takut kala melakukan aksinya yang bersejarah pada upacara hut ke-73 RI.