DITPSMP - Waktu terasa bergulir begitu cepat bagi Yohanes Ande Kala. Sosok yang akrab dipanggil Joni pada Jumat (17/8/2018) mengikuti upacara hut ke-73 RI di Pantai Mota’ain, Desa Silawan, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Insiden tali yang terlepas, membuat Joni memanjat sepanjang tiang bendera. Aksinya pun viral berkat rekaman video.

Atensi dan apresiasi pun datang kepada sosok yang bercita-cita sebagai tentara ini. Pada Sabtu (18/8/2018), Joni bertemu dengan Menpora Imam Nahrawi. Hal ini lalu dilanjutkan dengan menonton secara langsung upacara pembukaan Asian Games 2018 yang begitu gegap gempita. Pada pembukaan Asian Games, Joni terlihat bersama sosok-sosok yang menggerakkan Kabinet Kerja seperti Wiranto, Luhut Binsar Pandjaitan, Pramono Anung, Sri Mulyani, Muhadjir Effendy.

Pada Senin pagi (20/8/2018), Joni mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada Senin siang (20/8/2018) Joni mendapatkan kehormatan untuk bertemu Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara.

“Joni mendapatkan beasiswa bakat dan prestasi setiap tahun. Jangan lihat jumlahnya, tapi motivasi yang kita berikan kepada anak-anak berprestasi di seluruh Indonesia kita berikan dalam bentuk tabungan. Kemdikbud memberikan hadiah pakaian, sepatu, school kit, dan seterusnya,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikdasmen Kemdikbud) Hamid Muhammad saat memberikan apresiasi dan hadiah kepada Joni di gedung Kemdikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat, Senin pagi (20/8/2018).

Sementara itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menjelaskan bahwa beasiswa yang diberikan hingga Joni tamat SMA. Hal tersebut disesuaikan dengan ranah kewenangan Kemdikbud yang hanya sampai jenjang SMA, untuk tingkat Perguruan Tinggi merupakan domain dari Kemenristekdikti.

Dalam kesempatan tersebut Mendikbud juga memberikan laptop kepada Joni. Hal tersebut dapat digunakan sosok yang menyukai olahraga sepak bola ini untuk belajar. Joni juga mendapatkan kaus bertuliskan #SahabatDikbud. Selain itu Joni juga mendapatkan poster bergambar dirinya. Poster tersebut untuk kemudian ditandatangani oleh Mendikbud Muhadjir Effendy sebagai kenang-kenangan.