Petunjuk Teknis

Pelaksanaan Kegiatan Bakat Prestasi 2017



Masyarakat maju adalah masyarakat yang selalu berkeinginan untuk menggali kebenaran yang dilakukan melalui berbagai sumber, baik yang diperoleh melalui fakta empiris maupun dari ilmu pengetahuan. Penggalian informasi ini akan membawa manusia pada sosok pembelajar rasional yang mengutamakan kebenaran ilmiah dalam berujar, bersikap, dan bertindak. Jika spirit ini menjadi pembiasaan peserta didik, kelak mereka akan menjadi sosok pembelajar yang memiliki landasan dalam mencari kebenaran ilmu pengetahuan

Mengingat pentingnya dunia pendidikan baik akademis, olahraga, seni, literasi dan penelitian, tahun 2017 ini Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan perlu melakukan koordinasi, komunikasi dan sosialisasi kegiatan peserta didik kepada pihak Sekolah, pihak Kab./kota, dan pihak Provinsi. Dengan adanya Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014, Direktorat Pembinaan SMP semakin meningkatkan komunikasi terkait Program Kegiatan Tahun 2017 akan berjalan lancar, dimana pada tahun 2016 fokus kepada 34 provinsi menjadi 517 Kab./Kota dan 34 Provinsi sebagai pelaksana kegiatan di tingkat Kab./Kota dan di tingkat Provinsi pada tahun 2017.

Kegiatan lomba, festival dan olimpiade tingkat SMP pada tahun 2017 tetap dilaksanakan berjenjang mulai dari tingkat sekolah, tingkat Kab./Kota, tingkat Provinsi dan tingkat Nasional. Kegiatan Bakat Prestasi tahun 2017 meliputi kegiatan nasional dan internasional. Kegiatan nasional antara lain 1. Olimpiade Sains Nasional (OSN); 2. Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN); 3. Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N); 4. Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN); 5. Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN); 6. Program Kelas Olahraga; dan 7. Program Beasiswa Bakat dan Prestasi. Sedangkan kegiatan internasional antara lain 1. International Mathematics Competation (IMC); 2. International Karate Open master; dan 3. International Junior Science Olympiad (IJSO).

Melalui ajang kompetisi tersebur, peserta diharapkan mampu berkompetisi secara sehat, serta dapat menumbuhkan kreativitas, kemampuan kritis, kemampuan menggali pengetahuan, keterampilan berkomunikasi, bekerja sama antar peserta, serta menggalang persahabatan sesama peserta lomba, festival dan olimpiade di selruh Indonesia.

Agar pelaksanaan kegiatan nasional dan internasional dapat terlaksana dengan baik, Direktorat Pembinaan SMP menerbitkan Buku Panduan Pelaksanaan Kegiatan tahun 2017 ini melalui online untuk dapat diakses oleh seluruh pihak terkait dalam pelaksanaan kegiatan dimaksud di kab./kota dan provinsi. Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Pendidikan Kabuapten/Kota, Sekolah dan pihak terkait diharapkan memfaatkan layanan online ini dalam mengakses Petunjuk Pelaksanaan kegiatan lomba pada tahun 2017, sehingga mendapatkan gambaran kongkrit dan mempedomaninya dalam melaksanakan kegiatan.

Lihat lengkap Buku Panduan Pelaksanaan Lomba, Festival dan Kompetisi tahun 2017, berikut ini:

FLS2N (Festival & Lomba Seni Siswa Nasional)
OSN (Olimpiade Sains Nasional)
O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional)
LPSN (Lomba Penelitian Siswa Nasional)
OLSN (Olimpiade Literasi Siswa Nasional)