Dari Memecahkan Buret Hingga Lagu ‘Tanah Airku’ yang Berkumandang di Botswana

Saya paling ingat yang experimental test. Saya bagian Kimia. Saya mecahin buret. Buretnya nggak mau berhenti-henti jadi saya kencengin, abis gitu pecah.

Dinamika Menghadapi Soal IJSO

Soal-soalnya sangat banyak. Saya mengalami kesulitan di PG, banyak jawaban yang sedikit ambigu, jadi ragu-ragu mau memutuskan menjawab apa. Kalau yang di teori soalnya banyak kali. Jadi ada yang belum sempat ngerjain. Sedikit kurang teliti karena cepat-cepat.

Simbiosis Mutualisme Ala IJSO

Simbiosis mutualisme karena saling menguntungkan. Dikasih tahu burung itu memakan kutu di punggung kuda nil. Kuda nil diuntungkan nggak ada kutu, burungnya dapat makanan.

Sains Itu Seru!

'Sains itu seru, menarik. Banyak hal yang belum diketahui juga, jadi kita bisa coba-coba hasilnya juga wow,' tutur peraih medali perak The 15th International Junior Science Olympiad ini.

Makna Persaingan & Persahabatan di IJSO 2018

Di IJSO ada berbaurnya juga. Pertama-tama mereka kelihatan sombong dari luarnya, ternyata pas temenan baik juga.

Bersyukur dapat Berprestasi di IJSO 2018

John Howard Wijaya telah memiliki rekam jejak baik dalam kompetisi sains tingkat nasional dan internasional.

John Menjadi Panutan bagi Kedua Adiknya

Sebagai anak paling besar dari 3 bersaudara, adik-adiknya pengen ikut dia. Adiknya baru pulang dari IMSO juga dari Cina. Panutan adik-adiknya.

Si Jago Renang yang Terjun Menjadi Saintis

Anak pertama dari dua bersaudara ini mampu meraih 3 medali emas pada O2SN SD dan 2 medali perak pada O2SN SMP. Arin juga berhasil meraih medali perak OSN SMP dan medali perunggu IJSO 2018.

Berprestasi Sejak Kecil & Bergembira Bersama Sains

Dia fun aja. Prinsipnya dia sudah berusaha, belajar, ngikut-ngikut lomba-lomba, mau. Ada kompetisi seperti ini dia jalani saja.

Dari Desa Menuju Pentas Dunia

Alhamdulillah Lala mulai latihan sejak usia 6 tahun dan sengaja kita persiapkan karena dia bercita-cita ingin menjadi juara dunia.

Dari Suhu di Bawah 3 Derajat Celcius Hingga Strategi Menghadapi Karateka Eropa

Di bawah usia 14 tahun kita mengandalkan tangan, karena orang Eropa kan tinggi-tinggi, kita ambil poin-poin yang di bawah perut aja. Sasaran perut, untuk kaki kita berat.

Apresiasi Kepada Para Talenta Muda yang Mengharumkan Nama Indonesia

Direktorat Pembinaan SMP memberi apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para atlet karate yang telah mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Merakit Kata & Cerita ‘Desa Salju’ di Karaban

Desa Karaban dulu waktu zaman kolonial Belanda sampai sekarang merupakan penghasil kapuk terbesar. Kapuknya itu kalau kulitnya pecah, itu nanti keluar kapuknya dan bentuknya kayak salju. Jadi saya memperumpamakan itu kapuknya kan kayak salju dan di sini kayak tokohnya pengen ke luar negeri agar dapat melihat salju.

Baru 2 Bulan Terjun di Story Telling Langsung Berprestasi

Saya baru masuk bidang ini 2 bulan yang lalu. Saya hari itu ditunjuk sama guru saya, dengan kelas VIII untuk menjadi story teller, akhirnya saya dipilih. Saya lebih bisa memasuki hati.

Membaca Tanpa Batas, Kiat Galih Menangkan Debat di OLSN

Membaca dari buku satu ke buku yang lain, dari situs berita ke situs berita yang lain, hingga koran bekas pun dibeli dan dibacanya.