IJSO Tonggak untuk Terus Berkarya

INTERNASIONAL

Trilogy pertama Star Wars dimulai dari episode 4, 5 dan 6

Photo: star wars trilogy

Internasional – Olimpiade Sains Nasional (OSN) memberikan kesempatan kepada para peserta didik yang berprestasi terbaik di tingkat nasional untuk berkompetisi di jenjang internasional. Tim Indonesia SMP secara konsisten mengirim putra, putri terbaiknya untuk bersaing dengan rekan-rekannya dari berbagai negara di belahan dunia lainnya. Tim Merah Putih senantiasa menghadirkan kebanggaan dan membawa harum nama Indonesia di tingkat dunia.

Para peraih medali di OSN SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 berkesempatan untuk mengikuti ajang tahunan International Junior Science Olympiad (IJSO). Pembinaan sistematis dilakukan oleh Direktorat Pembinaan SMP sebelum terjun ke IJSO 2018. Seleksi dan pengayaan materi dilakukan melalui training center 1 yang berlangsung selama 2 minggu, training center 2 selama 1 bulan, dan training center 3 dalam durasi 1,5 bulan. Terpilihlah Tim Indonesia A yang terdiri dari Emilda Putri Aulia, Nathanael Tjandra, dan Mohammad Nabiel Shafa. Sedangkan Tim Indonesia B terdiri dari Edward Humianto, John Howard Wijaya, dan Arin Nahda Zhafira.

Ada pun pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 perolehan medali dari keenam peserta didik tersebut, yaitu:

Emilda Putri Aulia           : medali emas

Nathanael Tjandra            : medali emas

Mohammad Nabiel Shafa : medali emas

Edward Humianto           : medali emas

John Howard Wijaya       : medali perunggu

Arin Nahda Zhafira         : medali perak

Pada ajang The 15th International Junior Science Olympiad digelar di Botswana pada 2 s.d. 11 Desember 2018, Tim Indonesia SMP berhasil memperoleh 5 medali perak dan 1 medali perunggu. Emilda Putri Aulia, Nathanael Tjandra, Mohammad Nabiel Shafa, Edward Humianto, John Howard Wijaya mendapatkan medali perak. Sedangkan Arin Nahda Zhafira mendapatkan medali perunggu. Capaian tersebut diapresiasi oleh Kepala Sub Direktorat Peserta Didik Direktorat Pembinaan SMP, Maulani Mega Hapsari, S.IP., M.A.. Ia berharap generasi emas Indonesia ini bisa terus berprestasi di masa mendatang.

“Selamat buat anak-anak yang telah berkompetisi di IJSO Botswana. Kalian sudah memberikan yang terbaik, sudah membawa medali kembali, dan perjalanan kalian masih jauh. Mudah-mudahan ini bisa menjadi tonggak, memicu kalian untuk semakin berkarya dan untuk terus belajar. Mudah-mudahan nanti di jenjang SMA atau pada saat kuliah, kalian bisa mempersembahkan medali yang lain untuk Tanah Air,” kata Kasubdit Peserta Didik Direktorat Pembinaan SMP Maulani Mega Hapsari di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (13/12/2018).