Apresiasi Kepada Para Talenta Muda yang Mengharumkan Nama Indonesia

INTERNASIONAL

Trilogy pertama Star Wars dimulai dari episode 4, 5 dan 6

Photo: star wars trilogy

Internasional – Tim Indonesia Tingkat SMP berhasil meraih 3 medali emas, 2 medali perak, dan 1 medali perunggu dalam kejuaraan karate internasional The 3rd Open International De Karate De La Province De Liege di Herstal, Belgia pada 14 s.d. 20  November 2018.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengirimkan para peraih medali emas Karate nomor Kata dan Kumite pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP Tingkat Nasional 2018. O2SN Tingkat Nasional diselenggarakan di Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta pada 16 s.d. 22 September 2018.

Tim Indonesia Tingkat SMP dihuni oleh para pelajar yakni Lala Diah Pitaloka, Amaria Lucia Lafang Pasilan, Finalirin, Christopher Edbert Setiabudi, Komang Sastrawan, Muhammad Tawakallah Nagata. Berikut perolehan medali para atlet muda tersebut pada O2SN SMP Tingkat Nasional Tahun 2018:

Lala Diah Pitaloka meraih medali emas Kata Perorangan Putri

Amaria Lucia Lafang Pasilan meraih medali emas Kumite Perorangan Putri +45 Kg dan medali perunggu Kata Perorangan Putri

Finalirin meraih medali emas Kumite Perorangan Putri -45 Kg

Christopher Edbert Setiabudi meraih medali emas Kata Perorangan Putra

Komang Sastrawan meraih medali emas Kumite Perorangan Putra -50 Kg

Muhammad Tawakallah Nagata meraih medali emas Kumite Perorangan Putra +50 Kg

Ada pun pada kejuaraan karate internasional The 3rd Open International De Karate De La Province De Liege di Herstal, Belgia, berikut perolehan medali Tim Indonesia Tingkat SMP:

Lala Diah Pitaloka meraih medali emas Kata Female U14

Amaria Lucia Lafang Pasilan meraih medali perak Kata Female U14

Finalirin meraih medali perak Kumite Female U16 -47 Kg

Christopher Edbert Setiabudi meraih medali emas Kata Male U14

Komang Sastrawan meraih medali emas Kumite Male U14 -45 Kg

Muhammad Tawakallah Nagata meraih medali perunggu Kata Male U16

Ajang kompetisi karate internasional The 3rd Open International De Karate De La Province De Liege di Herstal, Belgia tersebut dihelat pada 14 s.d. 20  November 2018. Kompetisi ini diikuti oleh 1.109 peserta dari 24 negara.

Apresiasi pun dilakukan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada putra, putri generasi emas Indonesia tersebut. Salah satu wujud nyatanya dengan memberikan uang pembinaan sebesar Rp 12.500.000 (untuk peraih medali emas), Rp 10.000.000 (untuk peraih medali perak), Rp 7.500.000 (untuk peraih medali perunggu).

“Direktorat Pembinaan SMP memberi apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para atlet karate yang telah mengharumkan nama bangsa Indonesia. Majulah negeriku, majulah bangsaku, majulah Indonesiaku,” kata Direktur Pembinaan SMP Enang Ahmadi kala menyambut Tim Indonesia Tingkat SMP di Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (21/11/2018).

Ke depannya Direktorat Pembinaan SMP akan terus fokus dalam mewadahi dan membina ragam bakat dan minat para peserta didik yang harapannya akan melahirkan generasi emas Indonesia.

“Tahun depan kami akan lebih fokus. Tidak hanya pada event-event di akhir seperti lomba ini. Tapi di awal kita akan memberikan dukungan pembinaan melalui program Bina Potensi Bintang. Diharapkan kita akan lebih fokus lagi pada pembinaan di awal sehingga akan lahir bintang-bintang Indonesia,” jelas Enang Ahmadi.