Kampiun O2SN SMP Berjaya pada Ajang Kompetisi Karate Internasional di Belgia

INTERNASIONAL

Trilogy pertama Star Wars dimulai dari episode 4, 5 dan 6

Photo: star wars trilogy

Internasional – Merah putih berjaya di Belgia. Adalah para kampiun di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 cabang olahraga karate yang berhasil mempersembahkan 3 medali emas, 2 medali perak, dan 1 medali perunggu dalam The 3rd Open International De Karate De La Province De Liege di Herstal, Belgia.

Ajang kompetisi karate Internasional tersebut dihelat pada 14 s.d. 20  November 2018. Kompetisi ini diikuti oleh 1.109 peserta dari 24 negara. Secara keseluruhan, Indonesia yang mengirimkan Tim Indonesia Tingkat SD, Tim Indonesia Tingkat SMP, dan Tim Indonesia Tingkat SMA meraih peringkat empat dalam The 3rd Open International De Karate De La Province De Liege dengan jumlah perolehan 10 medali emas, 5 medali perak, 5 medali perunggu.

Apa yang dicapai oleh para juara O2SN SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 di kancah internasional ini sejalan dengan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.
“Bahwa sumber daya olahraga kita. Atlet-atlet kita, olahragawan-olahragawan kita sebagian besar terdiri dari para siswa,” kata Mendikbud Muhadjir Effendy.

Harapannya akan lahir atlet-atlet olahragawan tangguh yang dapat menjadi olahragawan profesional dari para siswa. Atlet-atlet inilah yang dapat diandalkan di forum nasional, regional, maupun internasional. Merekalah yang akan menjadi wakil Merah Putih di kancah persaingan internasional. Tak hanya cakap secara kompetensi olahraga, mereka pun memiliki karakter unggul seperti sportivitas dan mengutamakan kejujuran.

Asa besar dari ajang O2SN tersebut mulai menampakkan wujudnya dengan capaian membanggakan yang diraih Lala Diah Pitaloka, Amaria Lucia Lafang Pasilan, Christopher Edbert Setiabudi, Komang Sastrawan, Muhammad Tawakallah Nagata, Finalirin dengan mengibarkan bendera Merah Putih di event The 3rd Open International De Karate De La Province De Liege.