Menulis Adalah Keuletan & Proses

FLS

Trilogy pertama Star Wars dimulai dari episode 4, 5 dan 6

Photo: star wars trilogy

OLSN, Jakarta – Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 tak hanya berorientasi pada kejuaraan. Esensi kegiatan ini terletak pada nilai pendidikannya, yaitu menjadikan OLSN sebagai pengalaman belajar (learning experience). Pembekalan bagi siswa dan guru pendamping OLSN SMP cabang Lomba Cipta Cerpen diisi oleh narasumber yang merupakan dewan juri. Para dewan juri yang merupakan praktisi dan akademisi berbagi pengetahuan dan pengalaman. Dalam kesempatan tersebut juri Rakhmat Giryadi memberikan materi Teknik Menulis Cerpen.

Giryadi menerangkan bahwa sesungguhnya tidak ada teknik yang baku tentang bagaimana menulis. Menurutnya setiap penulis punya cara sendiri untuk menulis. Yang paling digaris bawahi bahwa proses menulis dilakukan berkali-kali. Sejumlah penulis andal pun disampirkan untuk mendukung argumen tersebut.

Diantaranya Budi Darma yang berkata “Menulis adalah keuletan dan proses, bukan bakat. Karena itu, untuk menemukan momen, harus dicari, bukan ditunggu sampai muncul.” Sosok yang akrab dipanggil Lik Gir ini kemudian mencontohkan bagaimana keuletan Budi Darma dalam menulis. Menurutnya Budi Darma bisa datang menemui tamu dengan celana pendek atau pun menggunakan teropong. Hal tersebut dikarenakan Budi Darma sedang menghayati proses penciptaan karya. Lalu Rakhmat Giryadi mencontohkan ada seorang penulis yang memiliki jam menulis pada jam 2 siang hingga magrib. Pada sesi waktu tersebut, sang penulis tak mau menerima tamu.

Rakhmat Giryadi yang merupakan seorang penyair, dramawan, penulis lakon, cerpenis, jurnalis, menjelaskan bahwa dirinya pada hari Sabtu dan Minggu merupakan waktu baginya untuk membaca dan menulis. Ia mengaku pada durasi waktu tersebut memanfaatkannya untuk membaca berbagai karya sastra yang bertebaran di media cetak. Ia pun mempelajari mengenai jalan ceritanya, penokohan, dan mereka-reka mengapa karya sastra tersebut dapat terpilih untuk dipublikasikan.

Penulis buku kumpulan puisi Usaha Mencintai Hujan ini melanjutkan dengan memberikan quote dari sejumlah sastrawan. Diantaranya adalah Seno Gumira Ajidarma yang mengatakan “Cukup satu langkah, mulai! Mulai nulis terus sampai tercipta seribu tulislah. Nah, dari seribu itu pastilah ada satu yang sangat bagus”.

Kiranya pembekalan dari Rakhmat Giryadi membangkitkan gelora menulis bagi para peserta OLSN SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 yang melaksanakan Lomba Cipta Cerpen di SMPN 19 Jakarta, Senin (29/10/2018).