Keluarga Cinta Literasi

FLS

Trilogy pertama Star Wars dimulai dari episode 4, 5 dan 6

Photo: star wars trilogy

OLSN, Jakarta – Pada Pembukaan Festival Literasi Sekolah (FLS) ke-II terdapat momentum menarik kala Abinaya Ghina Jamela  naik ke atas panggung bersama ibu dan neneknya. Abinaya merupakan penulis cilik yang kini berusia 9 tahun. Salah satu karyanya adalah  Resep Membuat Jagat Raya, Sekumpulan Puisi.

Abinaya dalam kesempatan tersebut membacakan cerita Tempat untuk Sani. Segenap hadirin yang datang pun dibuat kagum dan merasakan kehangatan keluarga. Untuk menumbuhkan kecintaan terhadap literasi, peran keluarga dirasa penting. Tri pusat pendidikan (sekolah-keluarga-masyarakat) berperan krusial bagi tumbuh kembangnya semangat literasi peserta didik.

Simaklah rangkaian karya yang pernah dibaca oleh Abinaya yakni Lelaki Tua dan Laut karya Ernest Hemingway, berbagai cerita silat, serta novel karya Gabriel Garcia Marquez. Panggung pembukaan FLS ke-II memberi pesan bahwasanya literasi dapat tumbuh subur di lingkungan yang mengapresiasi literasi.

Basis dari keluarga yang menyukai literasi juga dirasakan oleh Nindy Isabella Poetri peserta Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 cabang Lomba Cipta Cerpen.

“Saya memang suka baca dari dasarnya. Kayak novel udah ada di rumah. Saya suka baca. Bikin cerita juga,” kata Nindy saat sesi registrasi peserta di Ambhara Hotel, Sabtu (27/10/2018).

 Menurut pelajar SMPN 1 Bandar Lampung ini dirinya lebih menyukai tema-tema yang sesuai dengan umurnya.

“Sebenarnya belum ada yang terlalu suka banget dengan penulis tertentu. Tapi kalau boleh memilih saya menyukai gaya penulisan Faradita yang membuat novel Sin. Saya juga suka  karya Erisca Febriani yang menulis Dear Nathan. Saya lebih suka tema yang lebih ke kehidupan sekolah daripada fiksi,” tutur Nindy yang mengirimkan cerpen berjudul Hidupku Yang Baru.