Selayang Pandang OLSN SMP Tingkat Nasional Tahun 2018

FLS

Trilogy pertama Star Wars dimulai dari episode 4, 5 dan 6

Photo: star wars trilogy

OLSN, Jakarta – Literasi merupakan salah satu wahana bagi manusia untuk mengekspresikan diri. Literasi juga memiliki posisi yang strategis dalam dunia pendidikan. Melalui literasi, siswa akan mampu mengasah kepekaan hati nurani dan mengaktualisasikan potensi seninya, yang pada akhirnya akan memperhalus budi pekerti dan perilakunya.

Sebagai upaya memberikan ruang untuk mengembangkan kreativitas dan potensi siswa SMP di bidang literasi, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan kegiatan yang mampu mewadahi ekspresi siswa.

Direktorat Pembinaan SMP menyelenggarakan Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 dengan 4 cabang lomba yaitu: 1. Lomba Cipta Cerpen Bahasa Indonesia, 2. Lomba Cipta Puisi, 3. Lomba Kreativitas Bercerita dalam Bahasa Inggris (Story Telling), dan 4. Lomba Debat Berbahasa Indonesia dengan tema “Literasi Membangun Pembelajar Sepanjang Hayat”.

Para finalis dan guru pendamping akan mengikuti serangkaian kegiatan antara lain: 1. Acara Pembukaan, 2. Pelaksanaan Lomba, 3. Seminar atau Workshop, 4. Wisata Edukasi, dan 5. Acara Penutupan. Penyelenggaraan OLSN kali ini adalah sebagian kegiaan besar dalam Festival Literasi Sekolah (FLS) yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan melibatkan para penggiat literasi, finalis lomba di satuan pendidikan dan para narasumber literasi di beberapa cabang lomba tahun 2018.

Kegiatan OLSN SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 dilaksanakan pada tanggal 27 s.d. 31 Oktober 2018 di Ambhara Hotel. Total jumlah peserta OLSN SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 yakni 138 siswa peserta yang terbagi atas 34 siswa peserta (Lomba Cipta Cerpen), 34 siswa peserta (Lomba Cipta Puisi), 34 siswa (Lomba Story Telling), dan 36 siswa peserta (Lomba Debat Bahasa Indonesia). Total jumlah guru pendamping OLSN SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 yakni 138 orang yang terbagi atas 34 orang (Lomba Cipta Cerpen), 34 orang (Lomba Cipta Puisi), 34 orang (Lomba Story Telling), dan 36 orang (Lomba Debat Bahasa Indonesia).

Para juara lomba pada ajang OLSN SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 akan diberikan hadiah dalam bentuk piagam penghargaan, piala dan penghargaan lainnya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ada pun jenis penghargaan untuk masing-masing bidang akan diberikan kepada peraih Juara I, II, III, Harapan I, II, III.

Seluruh peserta OLSN SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 akan mendapatkan Beasiswa Bakat dan Prestasi sebesar Rp 3.000.000 jika memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan SMP.

Sebagai tim juri OLSN SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 terdiri dari unsur Kemendikbud, instansi/lembaga terkait, Perguruan Tinggi, praktisi dan pemerhati seni dan sastra.

Untuk jadwal dan lokasi lomba OLSN SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 yakni untuk Cipta Cerpen bertempat di SMPN 19 Jakarta Selatan, Senin (29/10/2018). Untuk Cipta Puisi bertempat di Perpustakaan Kemdikbud, Senin (29/10/2018). Untuk Story Telling bertempat di Ambhara Hotel, Ahad s.d. Senin (28 s.d. 29 Oktober 2018). Untuk Debat Bahasa Indonesia bertempat di Ambhara Hotel, Ahad s.d. Senin (28 s.d. 29 Oktober 2018).