Jangan Sia-siakan Ilmu Yang Didapat Dari KKP

NASIONAL

Trilogy pertama Star Wars dimulai dari episode 4, 5 dan 6

Photo: star wars trilogy

KKP – Mengikuti kegiatan-kegiatan kelas nasional memang memberikan dampak yang sangat signifikan bagi siswa. Hal itu dikatakan oleh Triyono, Wakil Kepala SMP Negeri 15 Surakarta yang mendampingi siswanya mengikuti kegiatan Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) di Kaliurang, Sleman, Yogyakarta.

Sebelum mengikuti kegiatan ini, Triyono telah berpesan kepada para siswanya agar benar-benar mencerna dan menangkap ilmu-ilmu yang didapatkan. Bukan hanya asyik-asyikan bermain bersama teman-teman baru, tapi terus belajar dan memperbanyak wawasan.

“Apalagi ini membahas tentang kepemimpinan. Kepemimpinan sangat dibutuhkan oleh anak-anak karena mereka calon pemimpin bangsa. Tidak boleh ada yang terlewat, semua ilmu dari sini harus disimpan dan diterapkan dalam keseharian siswa,” kata Triyono.

Kemudian, dasar-dasar kepemimpinan yang didapatkan oleh siswa di kegiatan ini bisa menambah wawasan mereka. Apalagi, akan banyak tantangan kedepan, dimana kondisi mereka memimpin kelas, memimpin pemuda dilingkungan tempat tingga hingga memimpin negara suatu hari nanti. 

“Wawasan kepemimpinan akan mengajarkan mereka untuk mandiri, bersikap nasionalis. Maka dari itu, ini kesempatan yang sangat bagus untuk para peserta. Makanya, kepada siswa saya tegaskan agar fokus dan jangan sia-siakan kegiatan ini,” kata Triyono.

Selain itu, Triyono mengatakan, usai kegiatan ini, para peserta khusus dari SMP Negeri 15 Surakarta diminta untuk langsung menyebar ilmu yang didapat kepada teman-teman mereka di sekolah. Sehingga ilmu yang positif tersebut dapat tersebar merata.

“Ilmu harus dibagi, karena mereka datang kesini mewakili teman-teman lain. Bukan pergi pribadi, tapi bawa nama sekolah. Makanya apapun ilmu yang didapat harus juga dibagi kepada rekan-rekan siswa lainnya,” tutur Triyono.